Persiapan Mudik Naik Mobil Pribadi: 3 Hal yang Haram Dilupakan

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 21 Apr 2022 15:08 WIB
Traveler yang mudik dari Jakarta menuju Semarang dan sekitarnya, dapat memanfaatkan fasilitas di Rest Area KM 379 A di ruas Tol-Batang Semarang.
Mau mudik pakai mobil pribadi? ini persiapannya. (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengizinkan masyarakat yang ingin melaksanakan mudik tahun ini. Bagi kamu yang berencana pulang kampung menggunakan mobil pribadi, wajib menyiapkan beberapa hal berikut ini.

Seperti dijelaskan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, dalam acara 'Ngobrol Asik Safety Driving Untuk Mudik' yang ditayangkan di channel Instagram Video @daihatsuind, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mudik.

Khususnya para pengguna mobil pribadi, tips persiapan mudik dibagi menjadi 3 poin utama. Mulai dari persiapan kendaraan, persiapan diri, dan persiapan selama berkendara.

Persiapan Kendaraan

Pastikan kondisi kendaraan prima dan telah melakukan servis rutin, kamu juga dapat melakukan pengecekan beberapa komponen, seperti kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K, termasuk susun muatan di dalam kabin secara aman agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara.

Persiapan Diri

Pastikan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik, terutama ketika berkendara dengan kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, serta kondisi lainnya, serta jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya.

Selama Berkendara

Gunakan fitur kendaraan selama perjalanan sesuai dengan peruntukkan, seperti sabuk pengaman, penggunaan rem secara bijak, selalu menjaga jarak aman. Dan beristirahatlah maksimal 3 jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

"Lewat sharing tips ini, kami berharap Sahabat Daihatsu dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih menyenangkan bersama keluarga. Keep safety driving, dan semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga," ujar Sony.

(lua/din)