Servis Mobil Sebelum Mudik? Ini Komponen yang Harus Diperiksa dan Dirawat

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 12 Apr 2022 13:48 WIB
Bengkel resmi Auto2000 di Surabaya
Mobil mau dipakai buat mudik? Ini persiapannya. (Deny Prastyo Utomo/detikOto)
Jakarta -

Pemerintah memberi lampu hijau bagi masyarakat yang ingin mudik dan libur lebaran tahun ini, dengan prosedur kesehatan ketat. Jika kamu termasuk orang yang ingin mudik tahun ini menggunakan mobil pribadi, tentunya perlu mempersiapkan kendaraan terlebih dahulu.

Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, servis berkala mobil penting dilakukan sebelum menyambut libur lebaran. Mengapa penting? pertama, agar mobil selalu dalam kondisi prima sehingga mengurangi potensi masalah di jalan, seperti mogok atau kerusakan yang sulit untuk diantisipasi.

Selain itu, perawatan berkala bisa menjaga performa mobil agar tetap optimal saat dipakai mudik, apalagi mengingat mobil membawa muatan penuh dan ada risiko terjebak macet di jalan. Ditambah, musim hujan belum selesai sehingga menambah kadar masalah dalam perjalanan.

Selain itu, servis berkala dapat mendeteksi sejak dini kemungkinan kerusakan sehingga dapat segera diambil langkah perbaikan. Alhasil dapat mengurangi risiko timbulnya biaya lebih besar karena proses perbaikan yang lebih berat.

Servis berkala juga memberikan rasa tenang karena mobil sudah diperiksa secara menyeluruh. Termasuk memastikan klaim garansi tidak gugur jika terjadi kerusakan karena catatan kondisi mobil dan perbaikan tercatat dengan baik. Dengan catatan servis berkala dilakukan di bengkel resmi APM.

Pemeriksaan Saat Servis Berkala

Auto2000 membagi servis berkala dalam 2 kategori. Pertama adalah Servis Berkala Internal (SBI) atau servis berkala yang dilakukan 1 bulan setelah mobil diterima oleh pelanggan. Berikutnya adalah Servis Berkala Eksternal (SBE) atau servis berkala yang dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Ketika servis berkala tidak hanya dilakukan penggantian oli mesin, melainkan juga dilakukan pembersihan sistem pembakaran dan juga pemeriksaan sistem pengapian guna memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan optimal. Dilakukan pula pengecekan terhadap komponen mesin sesuai dengan masa pemakaian kendaraan dan analisa gas buang untuk melacak potensi masalah.

Tidak lupa dilakukan penyetelan komponen mesin sesuai dengan standar yang berlaku, serta pemeriksaan dan pemeliharaan lengkap untuk seluruh bagian utama mobil supaya tetap sehat dan andal. Teknisi akan melakukan penggantian komponen mobil yang sudah waktunya diganti sesuai jadwal servis berkala sebagai upaya menjaga kondisi mobil.

Maka dari itu, sempatkan menjalankan servis berkala untuk memastikan perjalanan mudik dan libur Lebaran tanpa kendala. Segera booking servis berkala sekarang supaya tidak terkena antrean panjang jelang lebaran.

(lua/din)