Ban Mobil Tertancap Paku tapi Tak Bocor, Apa Masih Aman Dibawa Jalan?

Doni Wahyudi - detikOto
Sabtu, 27 Nov 2021 10:09 WIB
Suspension car and Spare tire
Foto: Istockphoto/Wachira Wacharapathom
Jakarta -

Kalau ada paku tertancap pada ban mobil kamu, sangat tidak disarankan untuk tetap melakukan perjalanan. Meski tidak sampai membuat ban bocor, potensi bahaya yang ditimbulkan sangat besar.

Dikutip dari Auatoblog, paku yang tertancap di ban mobil sangat berbahaya. Bahkan saat paku tersebut belum sampai membuat ban kempis karena kehabisan atau kekurangan udara.

Disebutkan, saat ada benda asing tertancap pada ban, terlebih lagi paku, peluang terjadinya pecah atau ban meledak sangat besar.

Paku yang tertancap di ban bisa membuat udara menjadi habis, yang berarti berkurangnya tekanan ban. Menurunnya tekanan ban ini bisa saja terjadi secara bertahap. Tekanan angin yang rendah saat mobil dibawa dalam kecepatan tinggi bisa menyebabkan ban pecah, efeknya adalah mobil kehilangan kendali dan menyebabkan kecelakaan berbahaya.

Penjelasan di atas merupakan skenario terburuk yang bisa terjadi saat ban tertancap paku tetap dipaksa berjalan.

Pada banyak kasus kerap juga dilaporkan paku yang tertancap pada ban tidak melulu menyebabkan kecelakaan. Memang ada peluang paku berhasil menyumbat sepenuhnya sehingga angin dan tekanan ban tidak berkurang.

Flat Tire (Ban Flat)Ban Mobil Tertancap Paku tapi Tak Bocor, Apa Masih Aman Dibawa Jalan? Foto: Pool (Internet)

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak berbahaya sama sekali. Paku yang tertancap pada ban lambat-laun akan bergeser dan pada akhirnya menimbulkan celah udara keluar. Ini pada akhirnya membuat potensi terjadi pecah ban menjadi besar.

Ban Tertancap Paku, Wajib Diganti?

Apakah membuat udara habis atau tidak, ban yang tertancap paku wajib segera mendapat perawatan. Kamu bisa membawanya ke bengkel atau gerai perawatan ban untuk dilepas dan kemudian ditambal.

Apakah sampai perlu mengganti ban?

Masih dikutip dari autoblog, ada peluang paku yang tertancap pada ban menyebabkan kerusakan besar yang membuat perbaikan tidak bisa dilakukan. Jika ini sampai terjadi, mau tak mau pergantian ban harus dilakukan. Ini umumnya jika kerusakan terjadi pada sisi ban.

Tergantung pada kondisi set ban, sebenarnya disarankan untuk juga mengganti ban pada sisi poros yang berseberangan.



Simak Video "Tips Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)