Fitur Keselamatan Berkendara Terbaru Ini Bakal Buat Mata Pengendara Terus Melotot

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 12 Jun 2021 10:29 WIB
Teknologi keselamatan berkendara yang bisa buat pengendaranya terus melotot.
Tips otomotif Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta -

Saat ini banyak fitur keselamatan berkendara yang disematkan pada kendaraan, semuanya diberikan agar kita sebagai pengendara bisa berkendara lebih hati-hati dan menghindari risiko kecelakaan seperti tabrakan. Nah kali ini sebuah teknologi keselamatan baru dihadirkan berdasarkan kecerdasan buatan dan komputerisasi, kerennya teknologi ini bisa mampu membuat pengendara selalu waspada.

Dikutip autoevolution, saat ini sudah diperkenalkan teknologi keselamatan berkendara yang akan terus mengingatkan pengendara untuk tetap terjaga. Teknologi keselamatan ini disapa SmartSense for Inattentive Driving+, dengan menggunakan 2 kamera yang mampu memberikan pandangan seluruh kabin pengemudi, memantau wajah dan mata si pengendara.

Teknologi yang diperkenalkan Omnitracs asal Dallas ini dikatakan bisa mengidentifikasi dan memberikan peringatan saat ngantuk, penggunaan telepon, merokok, melihat ke layar telepon. Bahkan teknologi ini akan memberikan laporan ke pihak ketiga seperti orang tua si pengemudi setelah memasukan datanya.

Lahirnya teknologi ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kecelakaan akibat gangguan, sekaligus mengetahui kebiasaan buruk kita saat berkendara. Selain itu, dengan banyaknya peringatan dijamin teknologi keselamatan SmartSense for Inattentive Driving+ bisa membuat mata detikers terus melotot.

Memang belum diketahui secara pasti berapa biaya untuk bisa memiliki teknologi keselamatan ini, meski demikian lahirnya teknologi SmartSense for Inattentive Driving+ menandakan teknologi keselamatan berkendara terus berinovasi seiring perkembangan zaman.



Simak Video "Geber Gas Mobil Sebelum Matikan Mesin Mobil, Biar Kenapa Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)