Beda Tujuan Pemakaian Turbo di Mesin Besar dan Mesin 1.000cc

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 27 Mei 2021 15:21 WIB
Test drive Daihatsu Rocky
Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu Rocky menggunakan mesin 1.000cc berteknologi turbo.
Jakarta -

Daihatsu Rocky dibekali mesin 1.000cc yang disematkan teknologi turbo. Turbo di mesin 1.000cc tergolong hal baru di Indonesia, sebab biasanya teknologi ini disematkan di mesin-mesin berkapasitas besar, seperti 2.000cc ke atas. Lalu apakah beda tujuan penggunaan turbo di mesin besar dan mesin kecil?

Dijelaskan Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, penggunaan turbo di mesin mobil berkapasitas besar adalah untuk mendongkrak performa mesin itu sendiri.

Test drive Daihatsu RockyTest drive Daihatsu Rocky Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

"Pemahaman kita tentang turbo itu lebih kepada--kalau turbo zaman dulu itu--biasanya di mobil-mobil yang tujuannya untuk sport, untuk mendapatkan power yang lebih optimal, dan mostly (sebagian besar) juga itu udah mesin cc-nya gede ditanemin turbo lagi. Artinya kecenderungannya untuk mengejar performa," kata Anjar, di area Test Course R&D Center (Research and Development) ADM, Karawang, belum lama ini.

Sementara di mesin yang lebih kecil, misal 1.000cc, penggunaan turbo memiliki dua fungsi, yakni untuk mendongkrak tenaga, namun di sisi lain juga untuk menekan konsumsi bahan bakar.

"Pada dasarnya secara pemikiran nggak jauh berbeda, tapi Daihatsu melihat bahwa penggunaan turbo ini tidak hanya bisa untuk meningkatkan performa tapi juga bisa mengefisiensikan atau mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Artinya, mobil Daihatsu (Rocky) yang 1.000cc ini ketika disematkan turbo, dia bisa mengeluarkan power yang lebih tinggi seperti halnya mobil 1.500cc. Namun dalam hal efisiensi bahan bakar, dia bisa jauh lebih irit dari mesin 1.500cc," jelas Anjar.

Test drive Daihatsu RockyTest drive Daihatsu Rocky Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

Sebagai informasi, Daihatsu Rocky dibekali mesin 998 cc 3 silinder, turbocharger, 1KR-VET, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 149 Nm di rentang 2.400 rpm-4.000 rpm.

Mesin itu disebut telah diuji dan dites jalan dengan melalui 24 jenis jalan yang ada di Indonesia. Pengujian menggunakan fasilitas internal yang ada di ADM R&D. Di samping itu pengetesan juga dilakukan di area publik, yakni dari Jakarta hingga Surabaya. Daihatsu mengklaim mesin 1.000cc turbo itu sangat efisien bahan bakar dan mampu mencatatkan konsumsi BBM rata-rata 18 km/liter.

(lua/din)