Sensor Canggih Daihatsu Rocky di Kaca Depan, Gimana Kalau Tertutup Kotoran?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 27 Mei 2021 11:16 WIB
Sensor ASA (Advance Safety Assist) Daihatsu Rocky ada di kaca depan
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Sensor ASA (Advance Safety Assist) Daihatsu Rocky ada di kaca depan.
Jakarta -

Daihatsu Rocky varian ASA (Advance Safety Assist) sudah dibekali fitur keselamatan canggih seperti Pre Collision Braking dan Lane Departure Warning. Nah cara kerja fitur-fitur itu adalah dengan membaca kondisi jalanan melalui sebuah sensor berupa kamera yang menempel di kaca depan, bagian tengah atas . Pertanyaannya, jika bagian tersebut tertutup lumpur dan kotoran, apakah kinerja dari sensor tersebut akan terganggu?

Dijelaskan Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, cipratan lumpur atau kotoran lain yang menempel di kaca depan tidak mengganggu kerja sensor ASA selama tidak menutup seluruh bagian kaca yang di dalamnya terdapat kamera.

Test drive Daihatsu RockyTest drive Daihatsu Rocky Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

"Jadi tergantung lebarnya tutupan (kotoran). Tapi selama debu atau kotoran di kaca depan tidak mengganggu pandangan driver, berarti tutupan (di kaca yang ada sensornya) kan nggak total. Nah, dia masih bisa bekerja, hanya mungkin akurasinya (yang terganggu)," kata Bambang, di area Test Course R&D Center (Research and Development) ADM, di Karawang, beberapa waktu lalu.

Meski tidak mengganggu kinerja sensor Daihatsu Rocky, jika di kaca depan sudah banyak debu atau kotoran yang menempel, tetap harus dibersihkan ya. Sebab itu juga menyangkut keamanan dalam berkendara juga estetika mobil.

Lalu bagaimana jika pemilik Daihatsu Rocky ASA harus mengganti kaca depan karena suatu hal? Sementara kamera sensor tersebut menempel di bagian kaca depan.

Test drive Daihatsu RockyTest drive Daihatsu Rocky Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

"Kalau misal ada penggantian kaca depan, maka dia harus diseting atau dikalibrasi ulang. Nah itu ada alatnya khusus mengkalibrasi untuk mengukur jaraknya sekian, frekuensinya sekian. Maka itu gantinya harus di dealer resmi," jelas Bambang.

Sebagai informasi, paket ASA meliputi 6 fitur-fitur keselamatan yakni yakni Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.



Simak Video "Mulai dari Rp 185 Juta, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky 1.2"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)