Dipakai Raize dan Rocky, Apa Fungsi Turbo pada Mesin Mobil?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 11 Mei 2021 09:12 WIB
Toyota Raize
Mesin Toyota Raize menggunakan teknologi turbo. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Duo compact SUV kembar, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, resmi mengaspal di Indonesia. Selain membawa sejumlah fitur safety yang canggih, kedua mobil ini juga mencuri perhatian berkat spek mesin yang diusungnya, yakni 1.000 cc turbo. Memang apa sebenarnya fungsi turbocharger itu, sehingga dipasangkan di mesin mobil berkapasitas mungil?

Seperti dikutip dari Auto2000, turbocharger adalah perangkat induksi paksa atau forced induction yang digerakkan oleh turbin. Turbin ini bertujuan untuk meningkatkan output daya mesin pembakaran internal, dengan cara memaksa udara bertekanan ekstra masuk ke dalam ruang pembakaran.

Peningkatan pada keluaran tenaga mesin yang disedot secara alami ini karena kompresor dapat memaksa lebih banyak udara--dan secara proporsional lebih banyak bahan bakar--ke dalam ruang pembakaran daripada tekanan atmosfer.

Dijelaskan pula bahwa turbocharger dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa meningkatkan daya. Hal ini bisa dicapai dengan mengalihkan energi buangan, dari proses pembakaran dan memasukkannya kembali ke turbo yang diterima turbinnya.

"Dengan menggunakan energi yang terbuang (gas buang) ini untuk menambah massa udara, akan lebih mudah untuk memastikan bahwa semua bahan bakar dibakar sebelum dibuang pada awal tahap pembuangan. Peningkatan suhu dari tekanan yang lebih tinggi memberikan efisiensi yang lebih tinggi," tulis keterangan Auto2000.

"Dengan tenaga yang cukup spontan berkat apa fungsi dari turbo tersebut, maka perangkat ini memberi kendaraan kemampuan untuk berakselerasi dengan cepat dan bertenaga," sambungnya.

Singkatnya, mobil dengan mesin turbo akan memberikan kendaraan Anda lebih banyak tenaga karena asupan udara yang lebih banyak, yang berarti Anda akan mendapatkan fun to drive (kesenangan berkendara) yang semakin baik.

Jadi konsep mesin turbo adalah mendaur ulang energi yang terbuang dari gas buang dan mengubah lebih banyak energi bahan bakar yang dikonsumsi menjadi tenaga. Menawarkan penghematan bahan bakar yang lebih baik dan emisi C02 yang lebih sedikit, mesin turbo memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan mesin tanpa turbo.



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)