Menyelamatkan Mobil yang Terlanjur Kena Banjir

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 22 Feb 2021 08:04 WIB
Wilayah Kemang, Jakarta Selatan, ikut terdampak banjir, Sabtu (20/2/2021). Puluhan mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya pun ikut terendam banjir.
Puluhan Mobil Terendam Banjir di Kemang. Foto: Ari Saputra.
Jakarta -

Hujan deras yang melanda beberapa waktu belakangan membuat sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga terendam banjir. Hal ini tentu membuat pemilik kendaraan sangat khawatir jika mobilnya sudah terendam banjir. Alhasil mobil mereka tidak bisa digunakan kembali dan harus diservis.

Bukan cuma terendam banjir di jalan, banyak pula mobil yang terendam banjir saat sedang diparkir di rumah.

Namun tak perlu panik, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil yang sudah terlanjur terendam banjir. Mengutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini sejumlah tips aman untuk mengatasi mobil yang sudah terendam air banjir.

1. Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

Langkah pertama yang dilakukan adalah melepas bagian kabel aki dari komponen mobil. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting listrik, soalnya kabel aki saling terkait dengan komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil.

Saat mobil sudah terendam banjir dan kabel aki tidak segera dicabut, maka jangan heran mobil Anda bisa mengalami korsleting serta menyebabkan sistem elektronik mati total. Karena dalam kondisi banjir korsleting sering terjadi akibat masuknya air ke dalam mobil.

2. Jangan Menghidupkan Mesin Saat Pindahkan Mobil

Saat banjir mulai tinggi dan Anda ingin memindahkan mobil, usahakan untuk tidak menyalakan mesin. Cukup dengan mendorong mobil Anda untuk dipindahkan ke tempat lebih aman. Karena menyalakan mesin mobil setelah terendam banjir sangat berisiko besar.

Hal itu dikarenakan mesin yang dinyalakan saat mobil masih terendam banjir dapat menimbulkan korsleting listrik, tentu bisa merusak komponen kelistrikan di dalam mobil.

3. Mengeringkan Bagian Pengapian Mobil

Setelah mobil terendam banjir, jangan lupa untuk mengecek kembali bagian pengapian pada mobil yang meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator dan koil. Karena komponen tersebut cukup sensitif jika terendam banjir, maka Anda harus mengecek kembali secara teliti.

Selain itu cek juga apakah fungsi pengapian masih normal atau terdapat gangguan akibat mobil terendam banjir. Jika mobil belum mau menyala, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan perbaikan.

4. Kuras Tangki Bensin

Menguras tangki bensin perlu dilakukan setelah mobil terendam banjir, hal ini dilakukan agar bensin tidak tercampur dengan air genangan banjir. Selain itu, cara ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi karat pada bagian tangki bensin akibat terendam banjir.

Selain menyebabkan berkarat, tangki bensin yang terendam banjir dapat mengganggu kinerja pengapian pada mobil, bahkan tangki bensin dapat keropos dan bocor untuk jangka panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sejumlah Wilayah di Bekasi Diterjang Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]