Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan dalam Mobil Kita?

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 19 Feb 2021 06:58 WIB
Mobil baru Geely Icon dilengkapi dengan fitur Sistem Pemurnian Udara Cerdas (IAPS) yang dikatakan bisa membunuh virus corona (Covid-19) di kabin.
Ilustrasi kabin mobil (global.geely.com)
Jakarta -

Membersihkan interior mobil jadi hal yang sangat penting dilakukan di tengah pandemi virus corona saat ini. Sejumlah studi menunjukkan kalau virus tersebut bisa bertahan cukup lama pada benda-benda.

Dikutip dari detikHealth, virus corona bisa bertahan sampai 7 hari di bagian dalam masker bedah. Sementara pada benda lain durasi bertahannya bervariasi.

"Masker bedah di bagian dalam itu 7 hari dan di permukaan bagian luarnya ternyata lebih dari 7 hari stabilitas virusnya," kata Ratih Asmara Ningrum dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dalam webinar yang diadakan oleh LIPI, Selasa (16/2/2021).

Virus Corona tersebut malah bisa bertahan lebih lama lagi pada masker N95, yakni sampai 21 hari.

Lalu bagaimana dengan daya tahan virus corona di dalam kabin mobil? Virus tentu saja bisa terbawa ke dalam mobil jika kamu habis beraktivitas di luar rumah. Misalnya belanja, mengisi bensin, atau pergi ke ATM.

Daya tahan virus untuk hidup dalam mobil sangat tergantung pada jenis material tempat virus itu hinggap. Karena di dalam kabin mobil terdiri dari beragam material berbeda, maka durasi hidup virus corona dalam mobil juga tergantung dengan jenis material tersebut.

Berikut lamanya waktu bertahan hidup virus Corona di permukaan benda, seperti yang dijelaskan oleh Ratih:

Tisu: 3 jam
Kain: 24 jam
Kayu: 24 jam
Gelas: 3 hari
Uang kertas: 3 hari
Stainless: 6 hari
Plastik: 6 hari
Masker bedah bagian dalam: 7 haru
Masker bedah bagian luar: lebih dari 7 hari
Sarung tangan karet: 4 hari
Sarung tangan nitrile: 6 hari
Masker N95: 21 hari.

Tapi jangan khawatir. Kebiasaan hidup bersih, termasuk dalam mobil, bisa membantu kamu dari menghindari 'memelihara' virus corona di dalam mobil. Membersihkan interior mobil pun tak perlu cairan disinfektan khusus.

Pembersih mobil yang dijual di pasaran terbilang efektif menangkal virus Corona karena mengandung deterjen. Bersihkan saja mobil sesuai cairan pembersih yang umumnya dibedakan berdasar permukaan.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)