Berkaca dari Porsche Seruduk LCGC, Bagaimana Parkir yang Aman?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 19:09 WIB
Viral Porsche Cayenne Tabrak LCGC
Viral Porsche Cayenne tabrak LCGC sampai ringsek Foto: Istimewa
Jakarta -

Peristiwa Porsche Cayenne menyeruduk mobil LCGC yang sedang menepi di pinggir jalan menuai perhatian publik. Salah satunya mempertanyakan posisi parkir mobil LCGC.

Selain pengemudi Porsche yang oleng lalu berusaha kabur menjadi sorotan warganet, posisi parkir mobil LCGC itu juga turut menyita perdebatan.

"Lagian napa mobil berenti disitu dah," komen seorang warganet di kolom komentar.

"Betul, dari pertigaan jalan Cilandak sd trakindo memang terpasang banyak tanda dilarang berhenti (S coret)," timpal yang lain.

"itu mobil silver (LCGC) berenti disitu ga salah .. Larangan dilrang berhenti di depan 20 mtran buk.. Itu juga memang ada tempat buat berhentii/parkir bukan yg di pggir jln trus mkan jalan," tambah yang lain.

Lalu seperti apa parkir yang disarankan?

Dijelaskan praktisi Safety/Defensive Driving, Andry Berlianto ada beberapa tips saat parkir di pinggir jalan. Pertama, perhatikan rambu lalu lintas.

"Tidak diantara rambu S atau P dicoret," buka Andry kepada detikcom, Senin (1/2/2021).

[Gambas:Instagram]



Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas, rambu larangan S alias Stop di garis ini memiliki makna bahwa pengguna jalan dilarang untuk berhenti dari mulai tempat pemasangan tanda.

"Rambu larangan parkir dan berhenti sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (2) huruf c, jarak pemberlakuan rambu larangan 30 (tiga puluh) meter
dari titik pemasangan rambu searah lalu lintas atau sesuai dengan yang dinyatakan dalam papan tambahan," bunyi pasal 42 ayat 3.

Lebih lanjut bila terpaksa berhenti atau keadaan darurat gunakan lajur kiri dan tidak memakan badan jalan. Namun usahakan mencari tempat parkir.

"Gunakan lajur kiri, jika tersedia badan jalan gunakanlah badan jalan yang mencekung ke dalam," tutur Andry.

"erpantau aman, jika ada space parkir bisa maksimalkan space parkir, lebih bagus ada yang jaga (tukang parkir)," jelasnya.



Simak Video "Lebih Dekat dengan All New Honda CB150R 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)