Rabu, 19 Agu 2020 17:24 WIB

Liburan Long Weekend Bawa Mobil Sendiri? Ini Perlengkapan yang Haram Tertinggal

Tim detikcom - detikOto
Happy mother and daughter enjoy road trip Ilustrasi perjalanan liburan bersama keluarga. Foto: iStock
Jakarta -

Besok, 20 Agustus 2020 menjadi hari libur nasional Tahun Baru Hijriah 1442H. Dengan cuti bersama pada Jumat (21/8/2020) dan akhir pekan, momen libur panjang pekan ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur.

Diprediksi, hari ini akan terjadi lonjakan arus mudik gelombang kedua setelah pekan lalu juga dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Bagi Anda yang memanfaatkan momen libur panjang ini dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil, pastikan Anda membawa beberapa perlengkapan yang penting.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang jangan sampai ketinggalan. Pertama, pastikan Anda sebagai pengendara membawa surat-surat berkendara seperti STNK dan SIM yang masih berlaku. Dua dokumen itu sangat penting untuk perjalanan Anda.

Ban serep juga jangan sampai ketinggalan. Sebelum memastikan ban serep tersedia di mobil, Anda juga perlu mengecek kondisi ban serep baik tekanan anginnya maupun kembangannya. Jika sewaktu-waktu ban bermasalah, Anda bisa langsung menggantinya. Dan jangan lupa membawa alat untuk mengganti ban seperti dongkrak dan alat pembuka ban.

Tak kalah penting, emergency kit seperti segitiga pengaman, lampu/senter, alat jumper aki, rompi yang memiliki pemantul cahaya, hingga lightstick bisa Anda bawa untuk perjalanan jauh. Kotak P3K berisi perban, antiseptik, peniti dan lain-lain juga perlu dibawa untuk jaga-jaga.

Selanjutnya, Anda juga bisa membawa buku manual mobil. Jadi, jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda tak perlu repot lagi. Apalagi kalau ada kendala pada mobil sementara sinyal maupun internet di tempat itu tidak maksimal, tentu buku manual akan cukup membantu.

Sebelum berangkat, sebaiknya lakukan persiapan rencana perjalanan mau lewat rute mana. Mungkin Anda akan membutuhkan peta cetak maupun aplikasi navigasi di gadget.

Demi kenyamanan perjalanan, sebaiknya juga membawa charger portabel untuk mengisi ulang daya baterai ponsel. Jadi ketika terjadi situasi darurat, Anda bisa menghubungi kontak darurat maupun kerabat untuk mengabarkannya.

Untuk kenyamanan, Anda bisa menyiapkan musik yang membuat perjalanan lebih menyenangkan. Bisa juga memilih playlist lagu yang bisa membuat Anda dan keluarga bersenandung, dengan begitu perjalanan panjang tidak membosankan.

Selain itu, hal yang perlu dibawa adalah uang cadangan. Karena mungkin di beberapa tempat tidak menerima kartu kredit/kartu debit untuk pembayaran. Jadi, siapkan juga uang tunai secukupnya untuk keperluan selama perjalanan.

Yang juga penting adalah perlu membawa perlengkapan kesehatan di masa pandemi COVID-19 seperti masker, tisu basah, hingga sabun pencuci tangan atau hand sanitizer. Disarankan juga membawa beberapa lembar masker cadangan.



Simak Video "Jumat Siang, Lalu Lintas di Simpang Gadog Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com