Selasa, 09 Jul 2019 12:40 WIB

Isi Bensin di Malam Hari, Benarkah Bisa Dapat Lebih Banyak?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ada semacam anggapan yang berkembang di kalangan pengendara, kalau mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU pada malam hari, bisa dapat volume lebih banyak daripada ketika mengisi di siang hari.

Dasar yang menjadi alasan adalah soal karakter bahan bakar yang akan menguap di siang hari. Terlebih bahan bakar tersebut ditempatkan di dalam tangki berbahan logam, sehingga efek pemuaian bisa lebih cepat. Tapi benarkah hal itu?



"Jadi prinsipnya gini. Yang namanya cairan, entah itu air atau bahan bakar, kan terpengaruh sama kondisi lingkungan, kalau air taruh di kulkas ya jadi dingin. Kalau dijemur di matahari ya jadi anget. Cairan itu kalau temperaturnya turun, dia mengkerut juga. Kalau temperaturnya tinggi dia akan memuai juga," terang Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, kepada detikcom.

Menurut Yus, satu liter bensin waktu dingin dan satu liter bensin waktu panas, kalau ditimbang beratnya pasti berbeda. Dan pasti lebih berat bahan bakar yang suhunya lebih dingin.

"Nah sekarang masalahnya, bedanya jauh nggak sih sebenarnya? Pas kita ngisi bensin di siang hari sama malam hari. Misal di Jakarta, suhu siang bisa mencapai 32 derajat Celcius. Malam, paling turun dikit jadi 30 derajat Celcius. Nah beda dua derajat itu sebenarnya nggak terlalu ngaruh, terhadap perubahan volume tadi," lanjut Yus.



Perbedaan berat dalam satuan ukuran isi liter bensin di siang hari dan malam hari, tidak terlalu berpengaruh jika pengendara belinya hanya beberapa liter bensin saja.

"Tapi yang kalau beli bahan bakat itu dari industri, pasti kerasa banget. Misal mereka harus beli 50 ribu kiloliter, pasti kerasa kalau belinya literan. Makanya di industri belinya bukan (pakai ukuran isi) liter, tapi (pakai ukuran berat) ton," pungkas Yus. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed