Rabu, 08 Mei 2019 15:22 WIB

Mobil Matik Tidak Boleh Didorong, Mitos atau Fakta?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil dengan transmisi matik Foto: Ari Saputra Mobil dengan transmisi matik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mobil transmisi matik kini jadi favorit orang banyak terlebih yang tinggal di perkotaan. Selain lebih praktis, kendaraan seperti ini diyakini tak membuat pengendara cepat pegal. Tak heran juga bahwa mobil matik dijadikan pilihan utama bila ingin berpergian jauh bersama keluarga.

Namun di samping kemudahan yang disajikan, mobil matik juga memiliki beberapa mitos atau rumor yang beredar. Salah satu yang sering terdengar adalah tidak bolehnya mobil untuk didorong. Benarkah demikian?



Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi menyatakan, hal itu benar adanya. Sebab, pada sistem pelumasan transmisi mobil matik ada pompa hidrolic yang bekerja saat mesin hidup.

"Jadi, bila roda penggerak mobil matik berputar, otomatis transmisinya juga muter. Karena tak ada pelumasan (kondisi mobil mati), transmisinya akan berkerja secara paksa dan pada akhirnya akan rusak," kata Anjar kepada detikcom lewat sambungan telepon di Jakarta.

Namun bila keadaannya mobil matik mogok di tengah jalan, ada baiknya untuk didorong lebih dahulu dengan posisi tuas transmisi di Netral (N). Tetapi perlu dicatat, hal tersebut dilakukan untuk meminggirkan posisi mobil agar tak membuat jalan macet.

"Kalau hanya dekat saja dan tidak membuat jalan macet, apa boleh buat. Tapi lebih baik di-towing dengan tata cara yang benar yaitu ban roda penggerak harus terangkat," ucap Anjar.

Aki mobilAki mobil Foto: Dadan Kuswaraharja


"Namun sebelumnya (memanggil towing) dicek dulu mogok karena apa. Bila karena baterai, kan bisa beli baterainya atau dijumper. Kalau karena lain, segera telpon towing untuk dibawa ke bengkel resmi terdekat," lanjut dia.

Jumper aki mobilJumper aki mobil Foto: Dadan Kuswaraharja


Mobil Matik Tidak Boleh Didorong, Mitos atau Fakta?Foto: Mindra Purnomo
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed