Rabu, 02 Jan 2019 15:58 WIB

Mobil Menteri Agama Mogok karena Aki Tekor, Hindari Penyebabnya

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Menteri Agama Mogok karena Aki Soak. Foto: Screenshot Twitter Mobil Menteri Agama Mogok karena Aki Soak. Foto: Screenshot Twitter
Jakarta - Aki atau accu merupakan komponen penting yang menyuplai listrik untuk kendaraan, dan tentunya memiliki masa usia pakai. Tentu akan menjadi masalah apabila aki tidak lagi mumpuni alias soak.

Seperti mobil yang dipakai Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, misalnya, kendaraan bertransmisi matic yang ditumpanginya mogok di tengah jalan akibat aki soak. Hal ini terlihat pada postingan jejaring Twitternya @lukmansaifudin, Selasa (1/1/2018).

Meski memiliki masa usia pakai, namun pemilik kendaraan bisa menghindari kebiasaan yang dapat mempercepat usia aki.



Seperti yang diungkapkan Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Anjar Rosadi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghindari menyalakan perangkat elektronik saat mesin mobil mati baik mobil bertransmisi matic maupun manual.

"Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara matic dan manual, yang pasti saat kondisi mesin mati hindari menyalakan audio," ujar Anjar kepada detikOto, Rabu (02/01/2019).

[Gambas:Video 20detik]



"Dan pastikan lampu kecil, atau lampu kabin mati saat mobil ditinggalkan," tambah Anjar.

Lebih lanjut, Anjar mengungkapkan bahwa setiap produsen mobil sudah menghitung kelistrikan mobil sesuai dengan kebutuhan. Penambahan beban di luar fungsi utama membuat kerja aki semakin berat dan memperpendek usia pakai.



"Untuk penambahan aksesori perlu diperhatikan juga beban listriknya terhadap battery," ujar Anjar.

Kemudian saat mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki mobil dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus-menerus. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

Tidak hanya itu, supaya mengantisipasi agar tidak tekor di jalan, Otolovers juga perlu melakukan pengecekan beban penggunaan aki mobil secara berkala. Tujuannya jika ada sesuatu yang salah pada aki mobil bisa ditangani dengan cepat. Pengecekan aki ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel terdekat. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com