Jumat, 21 Des 2018 09:43 WIB

Bawa Barang Seperlunya saat Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
ilustrasi liburan keluarga. Foto: ilustrasi/thinkstock ilustrasi liburan keluarga. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Otolovers ingin menghabiskan liburan panjang dengan naik mobil? Jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat. Jangan sampai perjalanan terganggu karena mobil bermasalah sebelum sampai tujuan.

Instruktur Rifat Drive Labs Andry Berlianto mengatakan sebelum berangkat berlibur ada baiknya memastikan mobil dalam kondisi sehat dari segi fitur, rem, ban dan komponen vital lainnya. Servis terlebih dahulu mobil sebelum melakukan perjalanan jauh.



"Punya spek mumpuni untuk melakukan perjalanan jauh, seperti kekuatan mesin dan tingkat kenyamanan. Lengkapi administrasi (SIM & STNK) agar terhindar dari masalah saat perjalanan," kata Andry.

Andry menitikberatkan soal barang bawaan di mobil. Dia menyarankan, atur barang sesuai kapasitas mobil.

"Barang sebaiknya tidak mengganggu duduk penumpang dan tidak menutupi penglihatan pengemudi ke belakang, bawa barang secukupnya sesuai durasi perjalanan," ucapnya.



Sesuaikan jumlah penumpang dengan kapasitas kendaraan. Jangan sampai mengangkut penumpang lebih dari kapasitasnya. Hal itu bisa mengancam keselamatan dan mengganggu kenyamanan dalam perjalanan.

"Pakai kelengkapan keselamatan yaitu seat belt termasuk para penumpangnya, untuk bayi/anak kecil maksimalkan penggunaan child car seat. Istirahat selama 2-3 jam sekali untuk peregangan dan menghindari stres sekaligus mengatur kembali rute perjalanan," sebutnya. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya