Sabtu, 09 Jun 2018 04:01 WIB

Simpan Barang di Atap Mobil saat Mudik, Perhatikan Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Simpan Barang di Atap Mobil saat Mudik, Perhatikan Ini Foto: Wisma Putra/detikcom Simpan Barang di Atap Mobil saat Mudik, Perhatikan Ini Foto: Wisma Putra/detikcom
Jakarta - Mobil pribadi menjadi pilihan bagi sebagian pemudik. Pemudik juga biasanya membawa barang-barang yang diperlukan. Tapi, jangan sampai membawa barang terlalu berlebihan sehingga membuat mobil overload.



Atap mobil biasanya juga menjadi pilihan pemudik untuk meletakkan barang. Tapi ingat, untuk meletakkan barang di atap mobil ada alatnya, yaitu roofrack atau roofbox. Meski sudah ada roofrack atau roofbox itu, perlu diperhatikan penggunaannya.

"Roofrack itu memang membantu. Tapi kalau bisa pakai roofrack yang tertutup, kayak kapsul (roofbox) itu," kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, kepada detikOto, Sabtu (9/6/2018).



Kalau mau tetap pakai roofrack yang terbuka, pastikan semua barang bawaan tertutup. Bisa ditutup pakai terpal.

"Memang sah-sah saja selama itu nggak mengganggu. Kadang-kadang kan ikatnya nggak benar, terpalnya menggelayut dan sebagainya, itu yang ditakuti," kata Sony.



Untuk menyimpan barang di atap mobil, pastikan barang itu adalah yang paling ringan. Jangan sampai menaruh barang yang berat di atap.

"Yang berat-berat di dalam kabin aja. Supaya titik gravitasi kendaraan itu tidak terganggu. Jadi (pengendalian mobil) lebih stabil. Kalau memang roofrack diisi barang, pastikan kecepatan maksimalnya 60 km/jam. Kalau di atas 60 km/jam, mobil bisa lebih limbung, apalagi mobil jenis SUV," ucap Sony. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed