Sabtu, 24 Jun 2017 09:01 WIB

Berkendara Mudik dengan Aman

Mobil Penuh Tak Masalah Asal Jangan Melebihi Kapasitas

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Kepadatan Lalin di Nagreg dari udara/Dok. Pos Induk Dishub Kabupaten Bandung Foto: Kepadatan Lalin di Nagreg dari udara/Dok. Pos Induk Dishub Kabupaten Bandung
Jakarta -


Melakukan perjalanan mudik bersama-sama dengan sanak keluarga pastinya sangat asyik dan menyenangkan. Tentunya kita ingin bisa satu keluarga pergi dengan satu mobil saja. Tak jarang kita melihat mobil mudik diisi penuh oleh pengendara dan penumpang.

Kondisi mobil penuh sebenarnya tak masalah, asalkan masih sesuai dengan kapasitasnya jangan sampai melebihi.

"Penumpang penuh tidak masalah, namun jangan melebihi kapasitas yang ada, umumnya seperti SUV 3 baris memiliki kapasitas 7 penumpang, jangan melebihi karena jumlah safety belt juga hanya 7," ungkap Senior Instructor Indonesian Road Safety Agent (IRSA), Poedyo Santosa kepada detikOto.

Menurut Ipung, sapaan akrab Poedyo, jumlah penumpang tersebut sangat menentukan aerodinamika dan gaya suatu kendaraan. "Makin banyak jumlah penumpang makin besar daya dorong dari belakang," kata Ipung.

"Dengan kapasitas penumpang 2 orang jarak pengereman pasti lebih pendek dibanding dengan kapasitas penumpang 7 orang, makin berat kendaraannya makin jauh titik berhenti kendaraan saat dilakukan pengereman," lanjut Ipung.

Infografis Tips MudikInfografis Tips Mudik Foto: Andhika Akbarayansyah
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed