Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 19 Mei 2017, 12:34 WIB

Pelek Sebagus Apa pun, Kalau Hantam Lubang Tetap Bakal Rusak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pelek Sebagus Apa pun, Kalau Hantam Lubang Tetap Bakal Rusak Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - 'Penyakit' jalanan Indonesia salah satunya adalah lubang jalanan. Lubang jalanan itu ternyata bisa merusak pelek mobil. Salah-salah, pelek mobil bisa rusak gara-gara menghantam lubang jalanan.

Wibowo Santosa, owner toko pelek Permaisuri Ban di Mahakam, Jakarta Selatan mengatakan, pelek sebagus apa pun kalau menghantam lubang jalanan pasti akan rusak. Karena, pelek itu bukan didesain untuk menghantam lubang jalan.

"Katanya kalau pelek replika kena lubang gampang pecah. Ya memang benar. Tapi kalau pelek asli memang enggak penyok? Ya penyok juga. Karena pelek itu bukan untuk menghantam lubang. Pelek itu didesain bukan untuk hantam lubang," kata Wibowo saat berbincang dengan detikOto di Permaisuri Ban, Mahakam, Jakarta.

"Menghantam lubang ya pasti bisa merusak pelek. Yang salah kenapa jalannya ada lubangnya. Kalau sampai ketemu lubang, semua pelek pun pasti akan penyok," tambahnya.

Memang, ada beberapa jenis pelek yang lebih tahan, misalnya pelek forged. Tapi, kata Wibowo, pelek sebagus forged pun bisa saja rusak jika menghantam lubang. Karena sekali lagi, pelek itu dibuat bukan untuk menghantam lubang.

"Kalau pelek forged yang dasar bahannya gak pernah mencapai liquid dan nggak ada gelembung udara, dia susah sekali untuk pecah. Karena solid, sama kayak kayu jati. Kalau pelek buatannya nggak bagus, yang cara bikinnya nggak bagus, mungkin gampang penyok," ucap Wibowo.

"Kalau lewatin lubang ya pelan-pelan aja. Pelek itu bukan untuk lewat lubang. Pelek sebagus apa pun tetap jangan menghantam lubang. Karena bukan didesain untuk itu," sebutnya lagi. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +