ADVERTISEMENT

Mobil-Moge Doni Salmanan Ditaksir Bernilai Rp 50 M, Apa Saja Isinya?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 15 Mar 2022 06:47 WIB
kendaraan Doni Salmanan yang disita.
Moge Doni Salmanan yang disita Bareskrim Polri. (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Bareskrim satu per satu mulai menyita kendaraan yang dimiliki tersangka afiliator Binary Option Quotex, Doni Salmanan. Kemarin, giliran mobil dan motor Doni Salmanan yang ikut disita.

Pengacara Doni, Ikbar Firdaus menaksir deretan kendaraan itu punya nilai Rp 50 miliar. Hobi Doni di dunia otomotif memang tak murah. Ia diketahui memiliki ragam mobil dan motor mewah dengan banderol harga fantastis. Beberapa di antaranya juga ada yang unitnya langka di Indonesia.

Deretan kendaraan Doni SalmananDeretan kendaraan Doni Salmanan Foto: Hanif/detikHOT

Beberapa jelas terlihat saat mobil dan motor tersebut diangkut menggunakan tiga towing. Pertama ada Porsche 911 Carrera S berkelir biru. Mobil itu dibeli Doni Salmanan dari Arief Muhammad seharga Rp 4 miliar.

Namun bila merujuk pada data kendaraan dan pajak kendaraan bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mobil yang dulunya berpelat B 38 MUH itu ditaksir punya nilai jual Rp 2,238 miliar.

Beralih ke enam moge yang ikut dalam rombongan towing tersebut. Pertama ada Kawasaki ZX-10 R berkelir hijau. Motor yang dibeli Doni sebagai kenangan itu, ditaksir punya harga di kisaran Rp 520 juta. Merujuk pada laman resmi Kawasaki Motor Indonesia Ninja ZX-10 R ABS KRT harganya Rp 523 juta (OTR Jakarta).

kendaraan Doni Salmanan yang disita.kendaraan Doni Salmanan yang disita. Foto: Hanif Hawari

Kemudian ada juga Ducati Superleggera V4 berwarna merah. Sebagai gambaran, motor ini punya banderol harga USD 100.000 dan kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini (Rp 14.332) setara Rp 1,432 miliar. Perlu diketahui, motor ini hanya akan diproduksi sebanyak 500 unit.

Motor trail KTM 500 EXC Six Days juga ikut disita pihak Bareskrim. Dalam Youtubenya, Doni mengungkap keinginan memiliki KTM 500 EXC Six Days karena Supermoto. Motor ini ditaksir punya banderolan USD 12.599 yang setara dengan harga Rp 180 jutaan.

"Katanya dari 2 sampai 5 unit aja di Indonesia. Motor ini sangat rare banget," ungkap Doni dilihat detikcom dalam akun Youtubenya.

Ada juga Kawasaki Ninja H2 berkelir emas. Melansir laman Kawasaki Indonesia, motor ini paling rendah punya banderol harga Rp 790 juta.

Berlanjut ke BMW S1000RR berwarna ungu. Motor sport ini dijual dengan harga termurah Rp 767 juta. Kemudian ada juga versi M-Package yang dijual lebih mahal yakni Rp 828 juta off the road.

Belum habis sampai di situ. Ada juga Kawasaki Ninja ZX-25 R ikut disita. Motor bermesin 250 cc ini memiliki harga termurah Rp 116,6 juta. Itu belum semua, ada lagi satu truk towing yang mengangkat motor Doni Salmanan lainnya. Sayang tak diketahui dengan pasti jenis motor tersebut. Yang jelas, kalau ditotal jumlah aset kendaraan yang tampak diangkut dengan itu belum sampai Rp 50 miliar.

Deretan kendaraan Doni SalmananDeretan kendaraan Doni Salmanan Foto: Hanif/detikHOT

Tapi beberapa model masih terlihat absen dari penyitaan tersebut. Misalnya Lamborghini Gallardo, Yamaha TMax, Kawasaki Ninja H2R, Harley Davidson Road Glide CVO, hingga Lamborghini Huracan. Belum diketahui apakan proses penyitaan akan terus berlanjut.

"Total aset yang disita kurang lebih Rp 60 miliar mungkin. Dua rumah itu hampir Rp 20 miliar terus itu kendaraan-kendaraannya itu kurang-lebih Rp 50 miliar lebihlah," kata kuasa hukum Doni Salmaban, Ikbar Firdaus N dikutip detiknews.

Simak Video 'Doni Salmanan Hadapi Ancaman Miskin, Ini Sederet Aset yang Disita Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT