Katros Garage: Dari Bangun Motor di Garasi, Sampai Garap Motor Jokowi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 23 Okt 2021 17:38 WIB
Jakarta -

Andi 'Atenk' Akbar memulai semuanya melalui internet. Namun belum seperti sekarang, dimana video-video tentang motor kustomnya ditonton lebih dari jutaan orang, Atenk memulai Katros Garage dari sebuah blogspot. Dari sana dirinya mendapat pesanan untuk membangun motor pelanggan di garasi rumah orang tuanya, hingga kini terkenal sebagai bengkel yang membangun motor Presiden Indonesia.

Pecinta otomotif Indonesia tentu kenal dengan bengkel Katros Garage. Bagaimana tidak? Kanal Youtube yang sudah dibangunnya sejak 2015 ini, kini sudah memiliki lebih dari 943 ribu pelanggan dan total videonya sudah ditonton lebih dari 105 juta kali.

"Jadi Katros itu awalnya cuma dari nama Blogspot. Karena dulu gue suka nulis-nulis tentang motor kustom di tahun 2008-2009. Karena di tahun itu, tren motor custom kayak cafe racer atau tracker, di media jarang. Jadi waktu itu gue bikin satu blog, blogspot terus isinya motor-motor kustom gitu dari luar negeri, di sini juga ada, sih, cuma waktu itu nggak banyak dan yaudah gue bingung namanya apa, akhirnya gue bikin thekatros.blosgspot.com," papar Atenk kepada detikOto.

"Nah dari blog itu, karena emang bengkel-bengkel kustom itu belum banyak ya, banyakan itu bengkel-bengkel matic low rider, waktu itu banyak yang nyangka blog gue adalah bengkel. Jadi akhirnya waktu itu kayak 'bisa ga mau custom ini?,' nah gue kepikiran, yaudahlah, daripada gue tolakkin mendingan gue terima," papar Atenk.

Atenk mengatakan, sejak 2009 hingga 2011 dirinya masih mengerjakan semua pesanan motor kustom di garasi rumah orang tuanya. Lalu setelah itu, Katros Garage 'keluar' dari garasi dan pindah ke workshop di daerah Ciputat, Tangerang Selatan.

"Gue terima gue kan ga punya modal waktu itu, gue masih tinggal sama orangtua, cuma gue liat garasi gue kosong nih, yaudah akhirnya gue kasih nama buat bengkel gue Katros Garage. Dari situ udah mulai berkembang, gue coba untuk, udah lah, karena permintaannya udah banyak tiap bulan buat cutom motor, yaudah gue bikin aja secara reguler. 2011 gue udah pindah ke daerah Ciputat, udah keluar dari garasi," lanjut Atenk.

Katros GarageKatros Garage mengerjakan motor Gibran Rakabuming Foto: Istimewa/Katros Garage

Kini, beragam motor pelanggan sudah pernah ditangani oleh Katros Garage. Tak hanya pelanggan umum, Katros Garage juga sering kedapatan pesanan dari para artis, influencer, hingga orang nomor satu di Indonesia.

Namun semua pesanan dikerjakan dengan treatment yang seragam dan tanpa perlakuan khusus. Hingga kini, Katros Garage sengaja membatasi jumlah motor yang dibangun perbulannya, agar semua tetap sesuai standar dan kualitas dari Katros Garage.

"Kalo di Katros sendiri, di saat sekarang ini, kita itu bisa ngerjain motor per bulan itu tiga motor. Per bulan cuma tiga motor, jadi emang terbatas. Tapi emang sebenernya bukan kemampuannya cuma segitu, tapi dari kebijakannya sendiri saat Katros ngegarap motor biar fokus jadi kita ngga terima terlalu banyak," papar Atenk.

[Halaman berikutnya: Biaya kustom motor dan cerita Katros Garage mendapat pesanan dari Jokowi]