Senin, 28 Jan 2019 13:05 WIB

Lihat Lagi Gaya Putra Sulung Jokowi Naik Royal Enfield Kustom

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Gibran Rakabuming dan Motor Modifikasi. Foto: Instagram/katrosgarage Gibran Rakabuming dan Motor Modifikasi. Foto: Instagram/katrosgarage
Jakarta - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menyukai sepeda motor. Beberapa kali Gibran memesan motor kustom. Terakhir, putra Jokowi itu memesan motor kustom dengan konsep mini moto bike.

Sebelum motor mungil itu, Gibran juga sudah punya motor kustom berbasis Royal Enfield Classic 500 Battle Green. Motor tersebut diubah tampilannya oleh bengkel Katros Garage. Motor itu dibuat dengan konsep bobber.

Motor Royal Enfield berkelir hijau tersebut tampil lebih macho. Motor dibuat lebih kekar, terutama di bagian kaki-kaki dengan ban besar ala motor bobber. Jok motor diubah menjadi single seat dengan gaya drop seat. Yang unik lagi adalah bagian knalpot dengan silincer yang mengarah ke atas.



Pemilik bengkel Katros Garage, Atenx, mengungkapkan anak sulung Presiden itu merasa kurang sreg jika motornya tidak dikustom. Karena sudah banyak juga motor serupa yang berkeliaran di jalanan tempat tinggal Gibran.

"Sebenarnya dia kustom motornya ini setelah enam bulan dia pakai, dia lihat sudah banyak yang sama di Solo yang pakai motor seperti dia," ujar Atenx.

Ubahan yang dilakukan tidak banyak mengubah karakter asli motor asal India tersebut.

"Nggak banyak diubah karena si Royal Enfield ini sudah punya soul-nya sendiri, mas Gibran pun nggak mau hilangkan jati dirinya itu. Jadi orang kalau lihat nggak tahu, tapi RE ini sudah dikustom," ujar Atenx.



Meski tidak banyak ubahan yang dilakukan bukan berarti benar-benar tidak ada ataupun hanya bagian-bagian kecil saja yang diubah, karena cukup sulit rasanya meng-kustom sebuah motor yang punya karakter kuat, dan konsumen tidak ingin karakter tersebut hilang.

"Ubahan ban pakai dual purpose, spak bor depan belakang diganti ukurannya lebih kecil, spion aftermarket, bagian jok ganti, kalau standarnya ada per gitu di bawah jok, gua ganti droop seat, terus cover lampu headlamp-nya itu dipanjangin 5 cm," tutur Atenx.

Selanjutnya ubahan juga dilakukan pada bagian stang. Stang asli disimpan, diganti dengan stang yang biasa dipakai pada motor kustom jenis cafe racer, namun posisinya diubah oleh Ateng menjadi lebih tinggi agar posisi berkendara tetap dalam kategori nyaman.

"Stang aftermarket aslinya kan club man untuk cafe racer cuma gua pakai di motornya mas Gibran ini di balik jadi tinggi, untuk sitting postur sih antara stang, footstep, sama jok, biar nyaman," tutur Ateng.



Selanjutnya ubahan juga dilakukan pada bagian kaki-kaki, yakni memperpanjang swing arm motor. Selain itu, yang paling jelas adalah ubahan knalpot.

"Swing arm gua panjangin 3 cm, karena request-nya dia (Gibran) juga, tapi bawaan standarnya nggak mau di rusak, jadi gua bikin arm baru, kustom, yang original disimpan. Knalpot handmade pakai pipa bahan stainless steel 2,5 inci, cuma di dalamnya gua pakain sarang tawon biar nggak terlalu berisik suaranya," kata Ateng.

Terakhir yang mungkin tidak terlihat seperti ada ubahan adalah balutan cat motor, Kata Ateng dirinya harus mengcat ulang seluruh bagian motor meski hasilnya tidak terlihat seperti diubah.

"Kan aslinya RE Battle Green hijau semua warnanya, tapi di sini gua kombinasikan sama warna hitam di beberapa bagiannya," lanjut Ateng.

Pengerjaan sendiri sudah dilakukan sebelum bulan Ramadan lalu, dan selesai setelah dua minggu bengkel buka karena terpotong libur lebaran.

"Untuk cat gue tetap warna hijau sesuai STNK, hanya gue ubah bagian striping-nya jadi warna krem dengan motif list simpel. Kalau nggak kepotong libur lebaran dan re-paint tadi mungkin sebelum lebaran sudah selesai," tuturnya.

Jokowi sempat melihat langsung motor Gibran tersebut. Komentar pun datang dari orang nomor satu di RI tersebut.



Atenx yang menggarap motor bobber milik Gibran, menyebut Jokowi tidak terlalu banyak berkomentar saat melihat motor kustom anaknya itu.

"Cuma bilang bagus, terus nanya spesifikasinya apa saja," kata Atenx.

Malah, orang nomor satu RI itu justru meminta saran seperti apa baiknya ubahan-ubahan yang dilakukan jika mau mengoprek motor choopernya.

Atenx mengaku ubahan pada Royal Enfield berkelir hijau itu tidak banyak berubah.

"Ada tambahan-tambahan sedikit. Yang pas banget baru jadi itu minta tambahin grille headlamp, sama joknya. Jok yang pertama kan kulit asli warna coklat, kalau ini pakai kulit sintetis warna hijau ngikutin bodinya," kata Atenk saat berbincang dengan detikOto melalui sambungan telepon belum lama ini.

Menurut Atenk, Gibran sebenarnya sudah merasa puas dengan motor modifikasinya itu. Terlebih, setelah dimodifikasi getaran khas motor Royal Enfield berkurang.

"Dia senang kok. Getarannya sedikit berkurang. RE (Royal Enfield) kan terkenal getaran mesinnya. Dia bilang setelah dimodif ini getarannya cukup berkurang. Karena memang kalau dari spek, bagian swing arm dibikin baru semua," ucap Atenk.




Simak juga video 'Classic 500 Pegasus 'Motor Perang' Terbaru dari Royal Enfield':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com