Intip Hobi Wagub Sumut Ijeck yang Hobi Koleksi Motuba Kekar Toyota

Tim detikcom - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 18:59 WIB
Hobi Wagub Sumut Musa Rajekshah
Wagub sumut yang punya hobi koleksi mobil SUV Toyota Foto: Tangkapan layar instagram @musa_rajekshah
Jakarta -

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekhshah atau akrab disapa Ijeck diketahui merupakan pecinta otomotif. Baru-baru ini ia membagikan hobinya mengoleksi motuba -- julukan pada mobil tua-- kekar nan macho keluaran Toyota.

Hal tersebut diketahui melalui laman instagram pribadinya @musa_rajekshah. Kekar, macho, dan sangar tiga kata yang tergambarkan pada salah satu mobil Toyota Land Cruiser, atau FJ40 alias mobil yang kerap disebut dengan nama hardtop. Dalam video singkat berdurasi 3 menit 26 detik tersebut, Ijeck sedikit menjelaskan tentang dua mobilnya yang telah selesai direstorasi.

"Yang hijau ini Toyota Hardtop Canvas tahun 1978, kalau yang merah ini Hardtop Solar Tahun 1982. Keduanya saya restorasi sesuai keadaan aslinya. Bedanya, yang hijau ini saya pakai amerincan style, saya pasang roll bar dan warna joknya yang kecoklatan. Untuk yang merah, saya gunakan japan style. Dan semua saya tetap pertahankan keasliannya," tulis Mantan Ketua Ikatan Motor Indonesia Sumatera Utara ini, seperti dilihat detikcom, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, Ijeck juga mengatakan Toyota Hardtop merupakan mobil pertama yang dimilikinya atas pemberian orang tua. Kecintaannya terhadap mobil 4WD (four wheel drive) ini terus berlanjut hingga menambah koleksi.

"Saya memang senang mobil Toyota Hardtop, dulu punya mobil pertama kali dikasih orang tua Toyota Canvas, bensin tahun 81," tutur Ijeck dalam video.

"Ini sekarang saya sudah koleksi satu ini diesel tahun 82, bensin Canvas 88, BJ 43 canvas tahun 80, satu lagi pickup tahun 81, sama satu lagi Hardtop tahun 70 bensin," tambah dia.

Seperti diketahui, FJ40 diciptakan dengan beragam pilihan dari canvas hingga pikap. Selain dua mobil Toyota Hardtop yang sudah selesai, Ijeck juga tengah merestorasi FJ40 varian pikap.

"Ini dua ini sudah selesai restorasi, sama pikup lagi mulai restorasi lagi. Tapi saya bikin style-nya tetap orisinil," jelas Ijeck.

Mencuplik laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs KPK, Senin (12/4/2021). Ijeck terlihat memiliki kecintaan terhadap dunia otomotif, terlihat ia memiliki 72 alat transportasi dan mesin dengan nilai Rp 14,7 miliar atau tepatnya Rp 14.778.080.000.

Selain mengoleksi Toyota, Ijeck juga tercatat memiliki mobil SUV kekar lainnya seperti Jeep Willys-Landrover, dan Suzuki Jimny. Bahkan Ijeck juga terdaftar memiliki mobil bongsor Mercedes-Benz Unimog.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Momen Wagub Sumut Marah Lihat Lokasi Swab Berantakan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)