Artikel Terpopuler Kemarin

Honda City Hatchback RS dan Mobil Sultan Rolls-Royce Ghost Curi Perhatian

team DetikOto - detikOto
Jumat, 12 Mar 2021 05:30 WIB
Rolls-Royce Ghost meluncur di Jakarta
Ilustrasi Rolls-Royce Ghost terbaru Foto: Husein Anis/Rolls-Royce
Jakarta -

Honda berhasil menarik perhatian pencinta otomotif dengan memperkenalkan City Hatchback RS, terbukti mobil pengganti Honda Jazz ini mampu menarik perhatian. Begitu juga dengan mobil sultan berharga miliaran Rolls-Royce Ghost terbaru juga mampu menyihir pembaca detikOto. Bahkan isi garasi Wali Kota Blitar Santoso

Nah kali ini detikOto coba merangkum dan melihat apa yang membuat artikel ini cukup menarik perhatian pencinta otomotif. Penasaran simak ulasannya berikut ini.

1. Honda City Hatchback RS si Pengganti Jazz

Honda City Hatchback RS resmi dijual di Indonesia. Mobil ini diproyeksikan sebagai penerus Honda Jazz yang sudah di-discontinue oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak Februari 2021 lalu.

Sebagai model pengganti salah satu hatchback terpopuler di Indonesia Honda Jazz, Honda City Hatchback RS diklaim tampil lebih sporty dengan fitur-fitur yang makin kaya, dan dapur pacu yang lebih bertenaga. Apakah benar? Begini kesan kami saat melihat pertama kali wujud fisik Honda City Hatchback RS, di pabrik HPM di Sunter, Jakarta, akhir pekan lalu.

Mulai dari Desain dan Dimensi

Secara desain, Honda City Hatchback RS memang terlihat lebih sporty. Karena mobil ini berbasis dari mobil sedan, maka secara bentuk ia lebih pipih kalau dibandingkan dengan Honda Jazz.

Sebagai perbandingan, Jazz memiliki panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm, serta jarak sumbu roda 2.530 mm. Sedangkan City Hatchback RS panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm, dengan jarak sumbu roda 2.600 mm.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Honda City Hatchback RS dibekali lampu depan full LED, ditunjang LED Daytime Running Light, dan LED Foglight. Lampu belakangnya juga sudah memakai LED, namun untuk lampu sein dan lampu mundurnya masih bohlam biasa.

Detail lain yang ada di eksterior, ada warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan pelek dual tone ukuran 16 inci, yang dikawinkan ban profil 185/55.

Oiya, mobil ini juga sudah dilengkapi Aerokit eksklusif RS, seperti Rear Bumper dengan Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille.

Fitur-fitur Kekinian

Honda City Hatchback RS hadir dengan segudang fitur modern, salah satunya adalah Remote Engine Start. Dengan fitur ini, mesin mobil dan AC kabin bisa dihidupkan dari luar mobil hanya dengan menekan tombol hold. Caranya cukup gampang, tekan tombol kunci dan kemudian langsung tekan tombol hold hingga mesin hidup. Dengan fitur ini, pengemudi dan penumpang bakal langsung merasa nyaman ketika masuk ke kabin mobil.

Sekadar pengetahuan, fitur ini mirip di model-model premium seperti All New Honda Accord, New Honda Civic, dan New Honda CRV. Dan perlu dicatat juga, fitur Remote Engine Start hanya ada di City Hatchback RS varian otomatis (CVT), sementara di varian manual (M/T) fitur ini tidak tersedia.

Tak hanya itu, masih ada fitur menarik lain seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch with Voice Recognition. Khusus di varian CVT juga terdapat tuas paddle shift untuk menyimulasikan perpindahan gigi ala transmisi manual.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Panel instrumen mobil ini didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan layar sentuh 8 inci. Headunit ini bisa menjalankan fitur Smartphone Connection, berupa Android Auto dan Apple CarPlay.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur lain ada Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View.

Interior dan Akomodasi

Geser ke area kabin, aura sporty langsung terasa ketika pertama kali duduk di jok. Jok mobil ini memakai kombinasi lapisan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats.

Aksen jahitan asli dengan benang warna merah yang sporty banyak disematkan, mulai bagian jok, lingkar kemudi, door trim, dasbor, bahkan hingga bagian cover pembungkus tuas transmisi.

Tak hanya joknya yang berwarna hitam, bagian atap mobil ini juga menggunakan warna hitam. Sehingga harus diakui, nuansa kabin mobil ini agak terasa sempit. Tester detikOto yang memiliki tinggi 165 cm masih cukup nyaman duduk di kursi depan. Namun ketika duduk di kursi baris kedua, ruang kepalanya (head room) hanya berjarak sekitar 4 ruas jari.

Namun soal utilitas, mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Kabin Honda City Hatchback RS memiliki fitur Ultra Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang, yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Fitur-fitur Keselamatan dan Keamanan

Fitur keselamatan yang ada di mobil ini antara lain ada 6 airbags, sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, dan Vehicle Stability Assist (VSA).

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Ada pula fitur Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal, termasuk perangkat APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

Mesin dan Performa

Di sektor performa, Honda City Hatchback RS yang memiliki transmisi CVT dan 6 M/T didukung mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang bisa menghasilkan power maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm. Mesin itu sudah sesuai standar EURO 4 dan juga dilengkapi ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Sebagai perbandingan, Honda Jazz model terkini dibekali mesin 1.5L SOHC, 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 120 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Kesimpulan

Honda City Hatchback RS tersedia dalam 6 pilihan warna, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic. Tersedia pula aksesoris Modulo seperti Door Visor, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, dan Rear Under Spoiler.

Dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan, apakah mobil ini layak menjadi pengganti Honda Jazz?

Jika pertanyaannya seperti itu, kami berpendapat 'Ya, Honda City Hatchback RS bisa menjadi pengganti atau penerus hatchback sporty Honda di Indonesia seperti Honda Jazz'. Alasannya, mobil ini tetap mempertahankan karakter sporty ala hatchback Honda dan juga menawarkan banyak fitur kekinian yang tidak dimiliki kompetitornya.

Tapi apakah mobil ini layak dibeli? Sayangnya, kami belum bisa menjawab pertanyaan itu dikarenakan HPM masih belum merilis harga resmi Honda City Hatchback RS.

Menurut HPM, harga Honda City Hatchback RS baru akan diumumkan pada akhir Maret atau awal April ketika mobil ini didistribusikan ke konsumen. HPM sendiri memberi jaminan, jika Honda City Hatchback RS akan diseting dengan harga terbaik untuk konsumen Indonesia.