Kesan Pertama Jumpa Honda City Hatchback RS, Cocok Jadi Pengganti Jazz?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 11 Mar 2021 12:17 WIB
Jakarta -

Honda City Hatchback RS resmi dijual di Indonesia. Mobil ini diproyeksikan sebagai penerus Honda Jazz yang sudah di-discontinue oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak Februari 2021 lalu.

Sebagai model pengganti salah satu hatchback terpopuler di Indonesia, Honda City Hatchback RS diklaim tampil lebih sporty dengan fitur-fitur yang makin kaya, dan dapur pacu yang lebih bertenaga. Apakah benar? Begini kesan kami saat melihat pertama kali wujud fisik Honda City Hatchback RS, di pabrik HPM di Sunter, Jakarta, akhir pekan lalu.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Mulai dari Desain dan Dimensi

Secara desain, Honda City Hatchback RS memang terlihat lebih sporty. Karena mobil ini berbasis dari mobil sedan, maka secara bentuk ia lebih pipih kalau dibandingkan dengan Honda Jazz.

Sebagai perbandingan, Jazz memiliki panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm, serta jarak sumbu roda 2.530 mm. Sedangkan City Hatchback RS panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm, dengan jarak sumbu roda 2.600 mm.

Honda City Hatchback RS dibekali lampu depan full LED, ditunjang LED Daytime Running Light, dan LED Foglight. Lampu belakangnya juga sudah memakai LED, namun untuk lampu sein dan lampu mundurnya masih bohlam biasa.

Detail lain yang ada di eksterior, ada warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan pelek dual tone ukuran 16 inci, yang dikawinkan ban profil 185/55.

Oiya, mobil ini juga sudah dilengkapi Aerokit eksklusif RS, seperti Rear Bumper dengan Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Fitur-fitur Kekinian

Honda City Hatchback RS hadir dengan segudang fitur modern, salah satunya adalah Remote Engine Start. Dengan fitur ini, mesin mobil dan AC kabin bisa dihidupkan dari luar mobil hanya dengan menekan tombol hold. Caranya cukup gampang, tekan tombol kunci dan kemudian langsung tekan tombol hold hingga mesin hidup. Dengan fitur ini, pengemudi dan penumpang bakal langsung merasa nyaman ketika masuk ke kabin mobil.

Sekadar pengetahuan, fitur ini mirip di model-model premium seperti All New Honda Accord, New Honda Civic, dan New Honda CRV. Dan perlu dicatat juga, fitur Remote Engine Start hanya ada di City Hatchback RS varian otomatis (CVT), sementara di varian manual (M/T) fitur ini tidak tersedia.

Tak hanya itu, masih ada fitur menarik lain seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch with Voice Recognition. Khusus di varian CVT juga terdapat tuas paddle shift untuk menyimulasikan perpindahan gigi ala transmisi manual.

Panel instrumen mobil ini didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan layar sentuh 8 inci. Headunit ini bisa menjalankan fitur Smartphone Connection, berupa Android Auto dan Apple CarPlay.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur lain ada Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Interior dan Akomodasi

Geser ke area kabin, aura sporty langsung terasa ketika pertama kali duduk di jok. Jok mobil ini memakai kombinasi lapisan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats.

Aksen jahitan asli dengan benang warna merah yang sporty banyak disematkan, mulai bagian jok, lingkar kemudi, door trim, dasbor, bahkan hingga bagian cover pembungkus tuas transmisi.

Tak hanya joknya yang berwarna hitam, bagian atap mobil ini juga menggunakan warna hitam. Sehingga harus diakui, nuansa kabin mobil ini agak terasa sempit. Tester detikOto yang memiliki tinggi 165 cm masih cukup nyaman duduk di kursi depan. Namun ketika duduk di kursi baris kedua, ruang kepalanya (head room) hanya berjarak sekitar 4 ruas jari.

Namun soal utilitas, mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Kabin Honda City Hatchback RS memiliki fitur Ultra Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang, yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Lanjut ke fitur-fitur keselamatan dan keamanan . . .

Selanjutnya
Halaman
1 2