Banyak Crazy Rich di Indonesia, Penjualan Mobil Mewah Laris Manis Meski Pandemi!

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 24 Feb 2021 11:57 WIB
BMW Group Indonesia melalui sebuah konferensi virtual bersama media meluncurkan 3 varian terbaru. Penasaran?
Ilustrasi mobil mewah di Indonesia Foto: Dok. BMW Indonesia
Jakarta -

BMW Group Indonesia dan Mercedes-Benz Indonesia (Passenger Car) berhasil melewati penjualan otomotif 2020 dengan mencetak angka ribuan unit meski di tengah pandemi virus corona. Apalagi mobil-mobil di segmen premium ini juga tidak masuk dalam kategori yang dibebaskan pajak barang mewah.

BMW Group Indonesia secara retail (dealer ke konsumen) mampu mendistribusikan 2.565 unit mobil, yang terdiri dari 2.082 kendaraan BMW dan 483 kendaraan MINI. Secara global, BMW Group produsen otomotif premium dengan total 2.324.809 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce (-8,4%) dikirim ke pelanggan di seluruh dunia.

"BMW Group Indonesia tanggapi dampak pandemi COVID-19 dengan menyesuaikan strategi bisnisnya, beradaptasi dengan cepat dan semakin berorientasi pada pelanggan, menjaga semangat positif serta mengutamakan keselamatan. Hasilnya, BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan hasil luar biasa dan mempertahankan posisi BMW Group Indonesia sebagai produsen otomotif premium terdepan di Indonesia," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima detikOto, Selasa (23/2/2021).

BMW Indonesia resmi meluncurkan BMW 840i Gran Coupé M Technic di Jakarta. Penasaran? Yuk, intip foto-fotonya!BMW Indonesia resmi meluncurkan BMW 840i Gran Coupé M Technic di Jakarta. Foto: Dok. BMW Indonesia

BMW Indonesia menyelesaikan tahun 2020 dengan mengirimkan 2082 (-16,7%) unit kendaraan ke pelanggan. Pencapaian ini didukung oleh keberhasilan model di segmen mewah seperti BMW Seri 7 dan BMW X7.

Keunggulan BMW juga ditopang oleh model-model Sport Activity Vehicle (SAV), yang merupakan favorit pelanggan di Indonesia. BMW pertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen SAV/SUV premium di Indonesia. Secara keseluruhan SAV BMW sumbangkan 52% dari total penjualan. Model-model BMW lainnya yang juga memimpin di segmennya adalah BMW Seri 7, BMW Seri 3 dan BMW X5.

Tiga model terlaris BMW pada tahun 2020 adalah BMW Seri 3, menyumbang 29% dari total penjualan, BMW X1 (21%), dan BMW X5 (17%). Sedan legendaris BMW Seri 3 berada di puncak dengan dua varian, BMW 330i M Sport dan BMW 320i Sport, sekaligus merayakan 45 tahun kesuksesannya di seluruh dunia.

Tahun 2020 juga merupakan tahun BMW Motorsport dengan berbagai peluncuran produk BMW M yang ditandai dengan kedatangan empat model BMW M perdana; BMW X3 M Competition, BMW X4 M Competition, BMW M8 Coupé Competition, dan BMW M8 Gran Coupé Competition. Tiga model BMW M teratas pada tahun 2020 adalah BMW M2 Competition, M2 CS, dan BMW M8.

Sementara MINI, tahun 2020 dimulai dengan kehadiran MINI Clubman terbaru, diikuti dengan kedatangan MINI 3-door edition GT "khusus Indonesia", peluncuran model ofensif John Cooper Works, dan penampilan mencolok dari edisi terbatas, MINI John Cooper Works GP. Tiga model MINI teratas di tahun 2020 adalah MINI Countryman (37%), MINI 3-Door (35%), dan MINI 5-Door (11%).

Mercy pun mengklaim hal serupa. PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia melaporkan penjualan mobil penumpang merek Mercy sebanyak 2.227 unit pada tahun 2020.

Pada 2020, Mercedes-Benz sendiri meluncurkan 15 model terbaru atau facelift. Di antaranya mobil Sedan C 180, C 200 Cabriolet AMG Line, mobil Vans Vito Business, serta SUV new GLS, GLA, GLB, GLC Coupé, GLE, dan GLE Coupé.

Mercedes-Benz New GLA & GLB Meluncur di IndonesiaMercedes-Benz New GLA & GLB Meluncur di Indonesia Foto: Dok. Mercedes-Benz

Lebih lanjut, dalam merayakan 50 tahun kesuksesannya tahun lalu, Mercedes-Benz juga memperkenalkan kendaraan edisi terbatas, antara lain S 450 AMG Edition 50, Mercedes-AMG G 63 Edition 50, dan GLB Edition 50.

"Segmen SUV berkontribusi sebesar 50% dari total keseluruhan penjualan. Hal ini juga menggaris bawahi permintaan konsumen yang kuat terhadap kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia, bahkan di tengah-tengah industri otomotif yang sedang menghadapi banyak tantangan, dan menekankan nilai brand kami dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia," kata Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)