Jadi Mobil Favorit, Kijang Doyok Dipakai Wagub Jabar buat Kerja

Bima Bagaskara - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 12:41 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok Jadul
Wagub Jabar dinas pakai Kijang Doyok. Foto: Bima Bagaskara/detikOto
Kuningan -

Toyota Kijang KF20 alias Kijang Doyok yang diproduksi tahun 1981 hingga 1986 rupanya menjadi salah satu kendaraan favorit Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum untuk menjelajah Jawa Barat saat melakukan kunjungan kerja.

Seperti halnya saat orang nomor dua di Jawa Barat ini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kuningan pada Selasa (24/11) kemarin. Uu datang dari Bandung menggunakan Toyota Kijang KF20 berwarna abu-abu miliknya.

Ia tampak duduk di sebelah sopir saat tiba di Desa Sembawa, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan ketika menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid di salah satu perumahan di desa tersebut.

Rupanya mobil buatan Jepang yang dikenal dengan sebutan Kijang Doyok itu memiliki kenangan tersendiri bagi Uu.

Kepada detikcom, Uu mengaku mobil tersebut merupakan mobil pertama milik kakeknya Almarhum KH. Choer Affandy, pendiri Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya Tasikmalaya.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok JadulWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok Jadul Foto: Bima Bagaskara/detikOto

"Kijang kotak tahun 83 KF20. Kenapa saya punya mobil itu, karena punya sejarah yaitu kakek saya pertama punya mobil ya itu, pemberian dari Kemenag pada tahun 1983. Kemudian waktu masih SMP kelas 1 saya sering dibawa pakai mobil itu ke mana-mana dan saya bisa nyetir pakai mobil itu jadi ada kenangan sendiri," kata Uu saat menceritakan melalui sambungan telepon Rabu (25/11/2020).

Ia juga menjelaskan alasannya melakukan kunjungan kerja tidak menggunakan kendaraan dinas dan lebih memilih menggunakan Kijang Doyok itu.

"Sering keluar daerah mewakili Gubernur dalam berbagai kegiatan, biasanya saya suka pakai mobil dinas tetapi kita merasa jenuh. Maka saya terkadang suka menggunakan mobil Kijang ini sebagai bentuk hobi dan agar tidak merasa bosan saat di jalan karena senang naiknya," ungkapnya.

Mobil Kijang Doyok milik Uu tidak banyak mengalami modifikasi. Uu menganggap mobil dengan mesin 4K 1.300cc itu sangat nyaman digunakan perjalanan jarak jauh meski merupakan mobil lawas.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok JadulWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok Jadul Foto: Bima Bagaskara/detikOto

Menurutnya perawatan berkala jadi kunci mobil Kijang Doyok miliknya itu masih gacor menyusuri jalanan di berbagai daerah di Jawa Barat.

"Suka mobil itu di samping kenangan tadi, pemeliharaannya lebih mudah dan tidak rewel karena masih karburator, sistem platina dan mesinnya kuat. Bentuknya juga kotak saya suka," lanjutnya menceritakan.



Simak Video "Ada yang Ngeyel Saat PPKM Darurat, Wagub Jabar Sebut 'Kafir Jabariyah'"
[Gambas:Video 20detik]