Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 07 September 2017, 10:06 WIB

Suka Duka Nyetir Kijang Tua ke Brunei Darussalam-Malaysia

Ruly Kurniawan - detikOto
Suka Duka Nyetir Kijang Tua ke Brunei Darussalam-Malaysia Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Dari beberapa mobil yang touring 3.000 km dengan rute Pontianak, Malaysia hingga Brunei Darussalam ada mobil tua seperti Kijang Doyok dan Buaya. Pada saat perjalanan, tak sedikit pula mereka temui hal unik yang cukup menguras keringat dan memutar otak.

Dengan membawa seluruh jajaran Toyota Kijang mulai dari generasi pertama, Deni Agus Himawan selaku ketua pelaksana TKCI (Toyota Kijang Club Indonesia) mengaku menemui berbagai rintangan pada jajaran mobil Kijang tuanya itu, mulai dari masalah lampu hingga curah hujan.

"Pada saat perjalanan menuju border Brunei, di Sarawak tepatnya, mobil Kijang lama yang kita bawa (Kijang Doyok dan Buaya) sempat mati lampu. Tapi tetap kita lanjut tuh perjalanan dengan jarak kira-kira 600 kilo dengan keadaan gelap," papar Deni di Jakarta.

"Untungnya sih ada lampu penunjuk jalan dan diapit oleh teman-teman dari Veloz dan Kijang lainnya, jadi tidak terlalu masalah," tambahnya.

Peristiwa tersebut terjadi, ungkap Deni, karena soket kabel alternator pada mobil copot karena adanya gelombang yang disebabkan oleh perjalanan nonstop.

Tidak sampai di sana, hujan yang terjadi pada malam hari pun menjadi masalah tersendiri dalam perjalanan itu. "Ya kan yang kita bawa mobil tua yah, jadi AC tidak kita nyalakan agar dapat mengejar para mobil mudanya itu. Kalau kita nyalakan nanti akan jadi berat dan tidak terkejar. Ya ibaratnya umur 70 tahun disuruh nguber 12 tahun," ungkap Deni.

"Saat hujan di malam hari, kita akali saja agar tidak terlalu berembun kaca depannya dengan gunakan kain yang diolesi sabun colek kalau tidak sabun colek, shampoo, biar kacanya licin aja. Wiper juga kita gunakan seadanya," katanya.

Meskipun telah jatuh bangun dalam perjalanan tersebut, mereka mengaku sangat menikmati perjalanan lintas negara tersebut.

"Seru banget walaupun kita temui berbagai hal unik ya. Respons di sana bagus juga, buat kita semangat. Sukses lah perjalanan ini," ujar anggota TKCI Lainnya, Ronni Razzo.

Perjalanan ini dilakukan pada tanggal 12 Agustus hingga kembali ke Jakarta pada 23 Agustus. Tidak hanya lakukan touring, Veloz Community (Velozity) dan Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) juga memperingati HUT Kemerdekaan RI di kedutaan besar Indonesia yang berada di Brunei Darussalam bersama masyarakat Indonesia lainnya disana. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed