Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 06 Agustus 2017, 15:31 WIB

Kijang Doyok Renta Ini Masih Kuat Menjelajah Jauh

Ruly Kurniawan - detikOto
Kijang Doyok Renta Ini Masih Kuat Menjelajah Jauh Foto: Ruly Kurniawan
Pontianak - Mobil yang mengikuti perjalanan menuju 3 negara bukan hanya mobil baru, tapi ada juga mobil jadul. Salah satunya Kijang Doyok yang sudah berumur 30 tahun lebih.

Kijang Doyok bersama 5 generasi Kijang lainnya serta mobil Toyota Veloz dari klub Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan Toyota Veloz melakukan touring 3 negara dari Pontianak menuju Brunei Darussalam.

Pemiliknya, Ronni Razzo mengaku bahwa mobil tersebut sering digunakan untuk melakukan touring bersama komunitas. "Ini salah satu mobil andalan TKCI. Udah kemana-kemana nih mobil," papar Ronni.

Meskipun terlihat sudah renta, Kijang doyok ini masih oke lho Otolovers untuk digunakan sehari-hari, bahkan untuk jarak yang jauh sekalipun. "Ini mobil dikeluarkan oleh NCH Karoseri (Astra Toyota zaman dulu) pada tahun 1983. Saya sebagai tangan ke dua yang memegang ini mobil setelah tetangga saya. Mesinnya masih enak banget, bandel," ujar Ronni

Meski usianya sudah 34 tahun, Ronni selalu merawat mobil kesayangannya itu dengan hati-hati dan ia juga telah mengganti beberapa part Kijang doyok tersebut. "Susah sih cari part-nya doyok ini, hanya ada di beberapa kota saja. Jadinya selalu saya rawat hati-hati. Beberapa part juga sudah diganti tapi pakai part original punya Kijang Doyok," katanya.

Untuk bagian pengapian, Ronni telah menggantinya dari platina menjadi CDI. "Paling berubah itu pada pengapiannya. Saya ubah dari platina ke CDI. Sisanya kaya mesin, karburator, kaki-kaki, dan mesin penunjangnya gak ada perubahan. Saya pakai Toyota Doyok asli," paparnya. Ia juga menambahkan telah menghabiskan sekitar delapan jutaan untuk mengganti part tersebut.

Bermesin kijang 4K 1.300 cc, Kijang Doyok ini sudah siap melaju di aspal Pontianak-Malaysia-Brunei Darussalam. "Persiapan pada mobil sudah tuntas. Tinggal cat sama atap (plafon) nya aja nih," tambah Ronni.

Sebelum melakukan perjalanan yang akan diselenggarakan tanggal 12 Agustus ini, Ronni sudah mengajak Kijang Doyoknya menjelajah Indonesia dan lintas Negara. "Setelah dimodif, mobil Doyok ini langsung saya uji untuk touring ke Jakarta-Magelang, Touring Pontianak, hingga perjalanan ke Jakarta-Pontianak-Malaysia-Brunei Darussalam untuk menguji medan dan ketahanannya sebelum tangga 12 nanti," ujarnya.

Ronni menambahkan, tahun depan ia bersama Kijang Doyoknya akan melakukan perjalanan ke Jepang. "Tahun depan rencananya si doyok ini akan kita bawa lagi ke Jepang dan kita berikan mesinnya ke pusat Toyota disana agar di musiumkan," tambah Ronni.

"Insya Allah toring 3 negara nanti lancar. Saya juga sudah siap dengan makan makanan yang sehat dan sesekali olahraga," tutup Ronni. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed