Selasa, 14 Mei 2019 11:54 WIB

Penguasa BMW yang Tajir Melintir

Sylke Febrina Laucereno - detikOto
Stefan Quandt Foto: Dok. Reuters Stefan Quandt Foto: Dok. Reuters
Munich - Stefan Quandt merupakan pemegang saham mayoritas di BMW, salah satu produsen mobil mewah terbesar di dunia. Dalam memproduksi mobil BWM memang mengutamakan kualitas, kemewahan dan keunikan desain.

Kini keluarga Quandt menguasai sekitar 46% saham perusahaan asal Jerman tersebut. Dengan kepemilikan mayoritasnya, Quandt bisa menghalangi niat orang yang ingin membeli perusahaan itu. Stefan sendiri memiliki 25,83 persen dan tercatat sebagai pemilik saham terbesar.



Berkat sahamnya di BMW, kini Quandt memiliki kekayaan hingga US$ 17,2 miliar atau setara dengan Rp 244,2 triliun. Pada 2018 Quand mendapatkan dividen sekitar US$ 700 juta atau sekitar Rp 9,8 trliun.

Pria kelahiran Bad Homburg ini menempuh pendidikan di University of Karlsruhe sejak 1987 hingga 1993. Setelah lulus ia mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan bernama Boston Consulting Group

Stefan Quandt belajar teknik di University of Karlsruhe dari 1987 hingga 1993 dan begitu dia menyelesaikan studinya dia mulai bekerja untuk Boston Consulting Group di Munich selama satu tahun.

Kemudian ia juga pernah bekerja sebagai manajer pemasaran di Hong Kong untuk Datacard Group hingga 1996. Kemudian ia bergabung dengan saudara perempuannya Susanne Klatten di perusahaan BMW, ia juga memiliki saham mayoritas di perusahaan tersebut. Klatten sendiri merupakan perpanjangan keluarga Quandt yang masih mengurusi operasional harian di BMW.

Hampir 100% kekayaan yang dimiliki oleh Quandt didapatkan dari BMW, MINI dan Rolls Royce. Selain itu ia juga memiliki saham mayoritas di Heel, Logwin perusahaan logistik dan produsen kartu kredit dan paspor.

Kini Quandt juga menduduki kursi dewan Dresdner Bank AG dan Gerling Konzern Allgemeine Versicherungs AG perusahaan yang sahamnya dimiliki ayahnya. Bersama sang ibu, Johanna ia memiliki 18,3% saham di Gemplus Internasional, ini adalah perusahaan keamanan digital terbesar di dunia.

Selain mengurusi bisnis otomotif, Quandt juga mengelola bisnis di bidang alat kesehatan atau perangkat medis. Ia mendirikan perusahaan bernama Rofin Inc, sebuah perusahaan yang mengelola LaserFare atau peralatan untuk terapi radiasi. Bisnis ini bahkan sudah menggurita di negara lain di Eropa.

Pada 2005, Stefan Quandt menikah dengan Katharina dan dikaruniai seorang anak perempuan. Stefan Quandt merupakan anak dari Herbert Quandt yakni pengusaha yang sebelumnya menguasai saham BMW.



Tonton juga video Mobil BMW Z4 Roadster Unjuk Gigi di IIMS 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed