Jumat, 23 Nov 2018 14:20 WIB

Difasilitasi Nissan, Carlos Ghosn Punya Enam Rumah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Carlos Ghosn. Foto: Ari Saputra Carlos Ghosn. Foto: Ari Saputra
Tokyo - Bos aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn, ditangkap karena terlibat skandal keuangan. Ghosn dilaporkan memiliki enam rumah, termasuk di Tokyo dan New York.

Livemint memberitakan, rincian soal dugaan kelakuan buruk dari chairman Nissan tersebut secara perlahan mulai bermunculan. Seorang pejabat perusahaan yang tidak ingin disebut namanya mengatakan Nissan Motor Co menyediakan enam tempat tinggal untuk Ghosn.

Sebelumnya malah dilaporkan bahwa Ghosn mendapatkan beberapa prooperti yang didanai perusahaan. Properti itu kabarnya juga ada di Beirut, Rio de Janeiro, Paris, dan Amsterdam.



Ghosn ditangkap pada hari Senin karena dugaan ketidakberesan keuangan termasuk kejanggalan pelaporan pendapatan dan penyalahgunaan dana perusahaan.

Tak cuma Ghosn, kakak perempuannya juga diduga menerima gaji buta dari perusahaan. Kabarnya, kakak perempuan Ghosn menerima gaji US$ 100.000 setahun, padahal kakak perempuannya itu tidak mengerjakan apa-apa untuk perusahaan.



Sementara itu, jaksa telah memperoleh email yang ditulis oleh kaki tangannya di Nissan Motor Co yang memberi perintah untuk memalsukan gaji yang dilaporkan Ghosn. Hal itu dibocorkan oleh seorang sumber anonim.

Kata sumber itu, para pejabat Nissan telah menyerahkan bukti email kepada para penyidik. Email itu berisikan bagian dari kesepakatan tawar-menawar.

Menurut sumber, kaki tangan Ghosn, Greg Kelly mengirim email ke pejabat tinggi lainnya, termasuk seorang pejabat perusahaan asing yang terlibat langsung dalam menangani laporan palsu tentang gaji hosn selama lima tahun.



Tonton juga 'Menkeu Prancis: Ghosn Tak Mampu Lagi Memimpin Renault':

[Gambas:Video 20detik]



Difasilitasi Nissan, Carlos Ghosn Punya Enam Rumah



(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed