Senin, 23 Jul 2018 08:06 WIB

Sakit, Legenda Mobil Sergio Marchionne Mundur dari Ferrari dan FCA

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Sergio Marchionne (memakai syal) Foto: Reuters Sergio Marchionne (memakai syal) Foto: Reuters
Maranello - Produsen mobil global Fiat Chrysler Automobiles secara mendadak mengumumkan pergantian CEO. Sergio Marchionne yang sudah sekitar 14 tahun memimpin FCA mundur karena sakit akibat komplikasi yang dideritanya.

FCA dalam pernyataannya menyebutkan Marchionne mengalami komplikasi setelah dioperasi. Kondisinya makin memburuk. Keputusan itu diambil manajemen FCA dalam rapat dadakan setelah kondisi kesehatan Marchionne menurun.

"Sebagai konsekuensinya, Marchionne tidak bisa kembali bekerja," tulis FCA tanpa menyebutkan secara jelas penyakit Marchionne.

Marchionne yang berumur 66 tahun dianggap sebagai salah satu legenda di dunia mobil. Di tangannya dia memegang merek-merek mobil yang keren di dunia. Selain mobil-mobil keluaran Fiat Chryser, dia juga memegang merek Ferrari.

Selain harus meninggalkan FCA, Marchionne juga mundur dari jabatannya di Ferrari. Di FCA, posisi Marchionne akan digantikan oleh Mike Manley, yang selama ini mengurusi merek Jeep dan Ram.

Sedangkan di Ferrari, Marchionne akan digantikan oleh Louis Camilleri, anggota dewan direksi Ferrari yang juga pernah menjadi CEO perusahaan rokok, Philip Morris.

Ferrari juga menunjuk salah satu anggota keluarga pemilik Ferrari, John Elkann sebagai Chairman Ferrari. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed