Tes Lengkap Honda Genio: Scoopy Paket Hemat!

ADVERTISEMENT

Tes Lengkap Honda Genio: Scoopy Paket Hemat!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 11 Apr 2022 12:16 WIB

Fitur Biasa Saja, Tapi Pas untuk Kemana-mana

Terakhir mari kita bedah fitur yang ada di Honda Genio ini. Sebagai motor untuk tempur sehari-hari, tentunya dari segi akomodasi motor ini harus bisa setidaknya membantu membawa barang-barang penting.

Honda Genio ini punya bagasi yang tak cukup besar. Kapasitasnya bisa menampung barang 14 liter, namun kami tes memasukkan helm half face dengan cangkang kecil ternyata tak masuk. Kendati demikian, untuk membawa jas hujan, memasukkan tas kecil, hingga sepatu masih mumpuni. Selain itu ada juga gantungan di deknya.

Dek dari Honda Genio ini tampak kompak. Kami tes berkendara dengan menggunakan sepatu berukuran 44, ternyata plek dan tak ada ruang tersisa. Kami tes juga untuk membawa galon, hanya 3/4 permukaan galon yang tertopang sehingga tak kami sarankan membawa galon isi dengan Genio.

Honda Genio 2022Fitur baru di Honda Genio ini adalah power outlet berupa port lighter di kompartemen tertutup di sebelah kanan dek Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Honda Genio juga hadir dengan embel-embel nama CBS yang artinya Combi Brake System. Dengan adanya fitur ini, ketika rem depan ditarik, maka rem belakang akan ikut tertarik. Ini membuat pengereman lebih stabil dan pengendara lebih terjaga.

Di tipe tertingginya, Honda Genio juga dilengkapi dengan ISS atau Idling Stop System. Dengan adanya fitur ini, ketika motor berhenti dalam jangka waktu tertentu dan rem ditarik, maka mesin akan mati. Pas untuk pengiritan bahan bakar.

Fitur baru di Honda Genio ini adalah power outlet berupa port lighter di kompartemen tertutup di sebelah kanan dek. Dengan adanya fitur ini, pengendara dapat mengisi daya smartphone atau mendapatkan arus listrik. Namun, perlu merogoh kocek lagi untuk membeli adapternya, yah!

Sayang Honda tak memperbarui instrumen kluster dari Genio terbaru ini. Tampilannya menurut kami sangat biasa saja. Hanya ada speedometer, odometer, fuel meter, dan beberapa indikator. Selain itu, Honda juga belum menurunkan fitur Smart Key System layaknya di Scoopy ke Genio ini.

Kesimpulan dan Harga Honda Genio

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Honda Genio memang jadi motor yang pas untuk diandalkan sehari-hari. Apalagi dengan harganya yang terjangkau dan juga mesinnya yang efisien.

Secara umum, Genio kini jadi seperti Scoopy paket hemat. Impresi berkendaranya identik, meski fitur dan kemewahannya tak sama. Jelas saja, harganya beda jauh!

Honda menjual Genio dalam dua versi, yakni Genio CBS yang dibanderol dengan harga Rp 18.050.000 dan juga Genio CBS-ISS yang dijual seharga Rp 18.650.000.


(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT