Honda Genio Diklaim Irit BBM Meski Punya Ban Lebar, Seliter Bisa Tempuh 59,1 Km

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 15 Mar 2022 08:07 WIB
Honda Genio 2022
Honda Genio 2022 diklaim irit BBM. (Astra Honda Motor)
Jakarta -

Honda Genio terbaru kini punya ban lebar. Jika sebelumnya Honda Genio hadir dengan velg 14 inchi, kini PT Astra Honda Motor (AHM) memperbaruinya dengan diameter velg lebih kecil namun bannya lebih lebar.

Honda Genio sebelumnya yang meluncur pertama kali pada 2019 menggunakan profil ban 80/90 ring 14 inchi di depan dan 90/90 ring 14 inchi di belakang. Kini, ukurannya berubah. Honda Genio terbaru kini didukung ban tubeless yang lebih lebar, depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12.

Menurut Direktur Pemasaran PT AHM Tetsuya Komine, perubahan uukuran velg Honda Genio membuat Honda mengimbanginya dengan perubahan setingan di suspensi dan mesinnya.

"Tentu saja untuk mengimbangi perubahan ukuran velg dan tyre, kami sudah melakukan perubahan terhadap setingan suspensinya,. Tapi kami tetap menjaga keiritan dari konsumsi bahan bakar," ujar Komine saat peluncuran Honda Genio secara virtual, Senin (14/3/2022).

President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Keiichi Yasuda, mengatakan tak ada perubahan signifikan pada mesin 110 cc Honda Genio. Namun menurutnya, ada setingan khusus untuk mengimbangi ukuran ban yang lebih lebar.

Honda Genio 2022Honda Genio 2022 (Astra Honda Motor)

"Untuk engine tetap sama dengan model sebelumnya. Hanya menyematkan tyre 12 inchi, maka ada perubahan-perubahan setingan agar tetap menjaga keiritan dari model baru ini," ucap Yasuda.

New Honda Genio mempertahankan mesin 110cc SOHC eSP (enhanced Smart Power) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang lebih irit bahan bakar. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm.

Honda juga menyematkan fitur ACG Starter dan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Honda mengklaim Genio tetap irit bahan bakar. Berdasarkan hasil tes internal dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Honda Genio 2022Honda Genio 2022 (Astra Honda Motor)

Selain perubahan ukuran ban yang lebih lebar, Honda Genio kini memindahkan socket power untuk mengisi ulang baterai gadget ke rak depan sehingga lebih mudah diakses oleh penggunanya. Komine bilang, pemindahan socket power ini merupakan hasil permintaan konsumen.

"Berdasarkan studi kami mengenai keinginan konsumen, maka kami menjawab keinginan konsumen tersebut dengan hasil studi dengan mengubah posisi socket charger. Dan sudah memastikan socket charger baik dan aman, kami juga melakukan perubahan wiring sehingga bisa dipasang di depan. Kami sudah menyematkan untuk keamanan, dari segi ketahanan terhadap air. Oleh karena itu kami berharap konsumen bisa mengendarai dengan aman dengan posisi power charger di depan dan bisa dikendarai dengan mencas HP mereka sambil mengendarai Genio baru ini," ucapnya.

Harga Honda Genio 2022:

  • Genio CBS: Rp 18.050.000
  • Genio CBS-ISS: Rp 18.650.000.


Simak Video "Harganya Rp 18 Jutaan, Ini Wujud Skutik Terbaru Honda Genio "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)