Tes Lengkap Honda Genio: Scoopy Paket Hemat!

ADVERTISEMENT

Tes Lengkap Honda Genio: Scoopy Paket Hemat!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 11 Apr 2022 12:16 WIB
Jakarta -

Setelah meluncurkan Honda Vario 160, Astra Honda Motor (AHM) tak mau kehilangan momentum dan kembali meluncurkan motor barunya di 2022. Kali ini, mereka memilih untuk menyegarkan skutik kelas 110 cc-nya, Genio.

Penyegaran yang dilakukan Honda terbilang cepat, karena Genio baru meluncur pada medio 2019 silam. Lantas apa saja ubahan yang diberikan oleh Honda dan seperti apa impresi berkendaranya? Simak ulasan lengkap kami tentang Honda Genio kali ini!

Honda Genio 2022Secara umum, tampilan dari Honda Genio terbilang tak banyak berubah dari versi sebelumnya. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Apa yang Berubah dari Genio Terdahulu?

Secara umum, tampilan dari Honda Genio terbilang tak banyak berubah. Jelas, karena ini bukan 'all new' Honda masih mempertahankan mesin serta platform yang sama dengan Genio pertama.

Namun fasia atau tampang depan dari Genio kini lebih 'tembem'. Garis desainnya pun berubah, meski masih mengusung model lampu utama yang sama dengan versi sebelumnya.

Tampak sampingnya masih sama persis dengan yang lama, namun ketambahan kompartemen penyimpanan tertutup yang dilengkapi dengan port lighter untuk mengecas smartphone.

Sedangkan dari belakang, Genio tampak masih menggunakan lampu halogen warna, meskipun desainnya kini lebih segar.

Honda Genio 2022Ubahan yang tampak paling nyata hadir di Genio anyar ini adalah dari sektor kaki-kakinya Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Selain itu, ubahan yang tampak paling nyata hadir di Genio anyar ini adalah dari sektor kaki-kakinya. Kalau dulu Genio dibekali dengan pelek ring 14 yang punya profil kurus, kini Genio dibekali pelek ring 12 layaknya Scoopy.

Pelek yang desainnya mirip dengan kepunyaan Scoopy lama ini, punya lebar 2.15 inci. Di bagian depan, dibalut dengan ban ukuran 100/90 R12. Sedangkan di bagian belakang, peleknya yang imut ini dibekali ban ukuran 100/90 R12 sehingga memberikan efek 'mendonat'. Manis!

Agar dimensi motor tidak menjadi ceper, Honda juga mengganti sok belakangnya dengan yang ukurannya lebih panjang. Genio dulunya pakai sok belakang yang panjangnya 314 mm, kini di versi barunya hadir dengan sok 322 mm.

Secara umum hanya ada tiga poin yang berubah di Genio ini, yakni desain depan-belakang, kompartemen tertutup yang berisi fitur pengecasan di deck-nya, serta area kaki-kakinya.

[Halaman berikutnya: Impresi Mesin, Handling, dan Suspensi Honda Genio]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT