Yamaha R15M Connected-ABS: Sangar Wujudnya, Fitur Terlengkap di Kelasnya

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 13:35 WIB
Jakarta -

Selain memberi kejutan Yamaha Fanboy dengan menghadirkan Yamaha All New R15 Connected, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga mendatangkan saudara kandungnya yang lebih atletis dan siap dipakai track day, yakni Yamaha All New R15M Connected-ABS.

Pada hari peluncurannya, detikOto langsung diundang oleh Yamaha Indonesia untuk hadir dan melihat langsung wujud dari Yamaha R15 versi termahal dan terlengkap fiturnya yang saat ini dijual di Indonesia.

Lantas seperti apa kesan pertama kami tentang motor ini? Apakah fiturnya worth it dengan harga yang ditawarkan? Simak ulasan kami tentang Yamaha All New R15M Connected-ABS kali ini!

Yamaha All New R15M Connected-ABSYamaha All New R15M Connected-ABS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Wujudnya Lebih Sangar dari yang 'Standar'
Tentu para pecinta Yamaha tak terlalu kaget dengan wujud dari Yamaha R15M ini ke Indonesia. Pasalnya, Yamaha sudah meluncurkan R15M ini lebih dulu di pasar India pada pertengahan tahun 2021 ini dan wujudnya sama persis.

Secara umum, bentuk dari Yamaha R15M tentu tak ada bedanya pula dengan Yamaha R15 Connected. Namun dengan pilihan livery 'Icon Performance' atau warna dominan silver yang dikombinasikan dengan warna hitam dan biru khas Yamaha, membuat motor ini tampak semakin kuat karakter motor sport-nya.

Keinginan Yamaha untuk membuat generasi terbaru Yamaha R15 ini tampak menjadi 'baby R1', rasanya sangat tampak di R15M ini.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, secara umum wujud R15M dengan R15 biasa masih sama. Bedanya terletak pada pemilihan warna silver pada cover knalpot dan juga pada lengan ayun.

Yamaha All New R15M Connected-ABSYamaha All New R15M Connected-ABS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang


Selain itu, hadirnya embel tulisan 'R15M' di tangki dan aksen warna biru di tutup atas sok depannya membuat pemandangan cockpit kian istimewa.

Untuk bagian jok pengemudi dan penumpang juga terlihat berbeda. Yamaha memberikan bahan yang lebih sporty lengkap dengan motif dinamis di jok R15M ini. Lalu ada juga emboss tulisan R15M yang tampak klasik.

Di area kaki-kaki depan, sok upside down yang digunakan oleh R15M ini masih sama dengan R15 biasa. Bedanya, Yamaha mempertegas merek dari soknya dengan menempelkan stiker tulisan 'KYB' di area bawah sok depannya.

[Halaman berikutnya: Fitur Terlengkap di Kelasnya]