Belum Ada Lawan! Fitur 'Receh' Ini yang Bikin Yamaha R15M Asyik Dibawa ke Sirkuit

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 09:08 WIB
Jakarta -

Sejak kehadiran Yamaha All New R15 Connected dan juga All New R15M Connected-ABS, pasar motor sport fairing 150 cc kian bergejolak. Pasalnya, Yamaha menghadirkan R15 terbaru ini dengan berbagai fitur yang belum dihadirkan di motor pesaingnya.

Salah satu fitur 'receh' yang terdapat pada varian Yamaha R15M Connected-ABS adalah tampilan 'big bike' pada area cockpit-nya. Yamaha menanamkan instrumen kluster atau speedometer yang mempunyai dua mode tampilan, yakni Street dan juga Track.

"Pada area ini, kami menghadirkan aura big bike look melalui smart cockpit design. Dimana desain full digital speed meter-nya terinspirasi dari R1 dan memiliki dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu Street mode dan Track mode," ujar Radityo Andi Dharma Manager Branding & Promotion Department pada peluncuran Yamaha All New R15 dan R15M.

Tampilan speedometer street dan track mode ini tentu berbeda dari mode berkendara. Alih-alih membuat pengaturan atau tuning-an yang berbeda pada mesin, street dan juga track mode pada Yamaha R15M ini hanya membuat tampilannya speedometer-nya yang berubah.

Yamaha All New R15M Connected-ABSMode 'street' pada speedometer Yamaha All New R15M Connected-ABS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Pada mode tampilan street, instrumen kluster di Yamaha R15M dapat menampilkan informasi posisi gigi, putaran mesin dari 1.000 hingga 13.000 RPM, speedometer, odo meter, trip meter, fuel meter, avg fuel consumption, temperatur coolant, tegang aki, dan lain-lain.

Yamaha All New R15M Connected-ABSSpeedometer Yamaha All New R15M Connected-ABS versi track mode. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Sedangkan pada mode tampilan track, instrumen kluster yang tadinya 'ramai', menjadi lebih minimalis informasinya. Tentu masih ada informasi posisi gigi, speedmeter, dan fuel meter. Namun yang membedakan di mode ini terdapat informasi putaran mesin yang mulai dari 6.000 hingga 13.000 RPM.

Lalu yang paling terlihat berbeda adalah terdapat fitur stopwatch yang dapat digunakan untuk mengukur waktu berkendara selama satu putaran atau lap time. Instrumen klusternya juga dapat membandingkan waktu tercepat dengan waktu yang sedang berjalan.

Tentu sesuai namanya, layar instumen kluster Yamaha All New R15M Connected-ABS ini juga dapat dihubungkan ke smartphone melalui sambungan bluetooth. Dimana dengan fitur ini, pengendara akan dapat notifikasi ketika ada telfon atau pesan masuk ke smartphone yang disambungkan.

Nah, selain fitur yang memanjakan mata, fitur lain yang akan membuat berkendara di sirkuit lebih asyik adalah fitur quick shifter, kaliper rem depan dari Bybre, hingga fitur rem ABS di Yamaha All New R15M Connected-ABS.

Simak Video 'Yamaha R15 Baru Punya Fitur Street dan Track Mode, Apa Sih Itu?':

[Gambas:Video 20detik]



(mhg/rgr)