Yamaha All New R15 Connected: Tampilannya Makin Istimewa, Mesinnya Masih Sama

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 02 Des 2021 07:11 WIB
Yamaha All New R15 Connected
Wujud Yamaha All New R15 Connected terbaru Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Yamaha Indonesia meluncurkan All New R15 pada Rabu (1/12/21). Generasi terbaru dari motor sport fairing kelas 150 cc-nya Yamaha ini, hadir dengan sejumlah pembaruan, khususnya dari segi tampilan.

Yamaha membawa dua model R15 ke Indonesia, yakni All New R15 Connected dan All R15M Connected-ABS. Namun pada ulasan kali ini, kita fokus di tipe termurahnya, yaitu All New R15 Connected.

detikOto berkesempatan untuk melihat langsung Yamaha All New R15 Connected. Lantas, seperti apa impresi pertama kami terhadap motor ini? Apa saja yang baru? Simak ulasan kami terhadap Yamaha All New R15 Connected.

Yamaha All New R15 ConnectedYamaha All New R15 Connected Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Tampilannya Makin Istimewa


Publik Indonesia dan pecinta Yamaha rasanya tak kaget lagi melihat wujud dari Yamaha All New R15 Connected yang baru diluncurkan oleh Yamaha Indonesia. Sebab motor ini sudah meluncur lebih dulu di India pada pertengahan 2021 ini.

Di India, motor ini hadir dengan nama Yamaha R15 V4. Namun Yamaha Indonesia tak menggunakan kode 'V4' di akhir namanya, lantaran di Indonesia R15 baru hadir dalam tiga generasi.

Well, seperti yang disebutkan sebelumnya, wujud dari Yamaha All New R15 Connected ini sama persis dengan Yamaha R15 V4 yang sudah mengaspal di India. Secara umum, tampang jadi makin sangar dan juga modern.

Dari depan, terlihat bahasa baru Yamaha R Series yang sangat kental. Bak Yamaha R7 dan R1, All New R15 Connected ini pun hadir dengan muka yang terlihat 'marah'. Desain headlamp tunggal dan sematan DRL yang tampil menyipit, kini menjadi ikon baru Yamaha R Series.

Yamaha All New R15 ConnectedYamaha All New R15 Connected Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Yamaha All New R15 Connected ini masih mengandalkan sok depan model terbalik atau sok up-side down dari Kayaba. Selain itu, untuk kaki-kakinya pun terlihat masih sama, yakni pelek ring 17 dengan balutan ban dari IRC ukuran 100/80 untuk depan dan 140/70 untuk belakang.

Nah, tak seperti Yamaha R15M Connected-ABS, R15 versi terjangkau ini hadir dengan kaliper rem depan dari Nissin. Selain itu, fitur keselamatan ABS ataupun pengontrol traksi juga absen di All New R15 Connected ini

Dari samping terlihat Yamaha menyematkan model fairing yang lebih 'dewasa'. Jika dibandingkan dengan Yamaha R15 generasi sebelumnya yang pakai banyak garis tegas dan dinamis, All New R15 Connected ini hadir lebih kalem.

Model kondom tangki bensin berukuran 11 liter-nya pun kini tak terlalu meruncing dan cenderung lebih tinggi. Lalu geser ke bagian jok pengemudi dan penumpangnya, kini disanggah oleh bodi samping yang melebar namun tetap dengan ciri khas R15-nya yakni bodi yang aerodinamis.

Yamaha All New R15 ConnectedYamaha All New R15 Connected Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Lagi-lagi, spesifikasi kaki-kaki belakangnya masih sama dengan yang lama. All New R15 Connected masih mengandalkan lengan ayun model banana arm dan sok tunggal. Selain itu, desain knalpotnya pun tak jauh berbeda dari yang lama.

Geser ke area kokpitnya, sayang sekali, Yamaha All New R15 Connected tidak menggunakan model instrumen kluster yang sama dengan All New R15M Connected-ABS. Yamaha membenamkan instrumen kluster yang berbentuk sama dengan R15 generasi sebelumnya. Namun tentu layar digital ini, kini dapat dihubungkan dengan smartphone berkat adanya fitur 'Connected'.

Figur Mesin Masih Sama dengan yang Lama

Meskipun namanya 'All New', nyatanya Yamaha masih membenamkan mesin 155 cc LC4V VVA yang punya figur tenaga sama dengan yang lama. Mesin silinder tunggal SOHC-nya ini, dapat mengeluarkan tenaga sebesar 14,2 kW di 10.000 RPM dan torsi 14,7 Nm di 8.500 RPM.

Jeroan mesinnya pun, tercatat masih sama speknya. Yamaha membenamkan piston berdiameter 58 mm dengan jarak langkah 58,7 mm di mesin All New R15 Connected ini.

Selain mesin, seperti yang dijelaskan sebelumnya, spek kaki-kaki hingga rangka dari Yamaha All New R15 Connected ini masih sama dengan yang lama. Yamaha masih mengandalkan rangka deltabox, jarak sumbu roda dan dimensinya sama dengan yang lama, hingga bobotnya pun masih sama yakni di 137 kg.

Yamaha All New R15 ConnectedYamaha All New R15 Connected Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Ketersediaan dan Harga Yamaha All New R15 Connected


Yamaha Indonesia memplot All New R15 Connected sebagai R15 termurah di generasi terbarunya. Harga Yamaha All New R15 Connected Rp 38.900.000 dalam status OTR DKI Jakarta. Yamaha mengatakan, per Desember 2021 ini, Yamaha All New R15 Connected sudah dapat dipesan di seluruh dealer Yamaha yang tersebar di Indonesia.



Simak Video "Tantang CBR 150 R, Ini Wujud dan Harga Yamaha R15 V4 Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)