Tes Lengkap Mazda New CX-5: Canggih! Makin Pede Lawan CR-V dan Almaz

ADVERTISEMENT

Tes Lengkap Mazda New CX-5: Canggih! Makin Pede Lawan CR-V dan Almaz

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 13:49 WIB
Jakarta -

Di kelas medium SUV, Mazda praktis harus bersaing ketat dengan Honda CR-V dan juga Wuling Almaz. Melihat profil rival-rivalnya yang sudah lebih 'canggih', membuat Mazda tak mau ketinggalan.

Mazda memulai April 2022 dengan meluncurkan New CX-5. Mobil ini hadir dengan sejumlah pembaruan, serta fitur i-ACTIVESENSE yang kian lengkap. Tentunya ini menjadi modal kuat Mazda untuk bertarung di kelasnya. Namun apakah impresi berkendaranya semenarik itu dan fiturnya benar canggih? Mari kita bahas!

Mazda New CX-5 EliteMelihatnya dari depan, New CX-5 disegarkan di bagian grille dan tarikan garis fasianya. Selain itu, yang menjadi ikon dari New CX-5 adalah model lampu DRL yang seperti huruf L.
(Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

Tampilan Ma)kin Klimis

Hadir dengan embel-embel 'New' atau sekadar facelift, membuat Mazda tak repot mengganti platform dari CX-5 ini. Praktis, secara umum desain yang dibawa oleh New CX-5 masih senada dengan yang lama.

Melihatnya dari depan, New CX-5 disegarkan di bagian grille dan tarikan garis fasianya. Selain itu, yang menjadi ikon dari New CX-5 adalah model lampu DRL yang seperti huruf L.

Tentu dari depan yang langsung menyambut kita di New CX-5 ini adalah emblem Mazda yang seperti berlapis kaca. Yap! Ini adalah radar yang dipasang Mazda ke mobil ini dan membuatnya jadi punya fitur keselamatan yang lebih mutakhir daripada versi sebelumnya.

Menariknya, dimensi New CX-5 ini sedikit membengkak dan memanjang, namun tak signifikan. Membandingkan spesifikasi resminya, kini New CX-5 lebih lebar 5 mm dan lebih panjang 25 mm tepatnya.

Mazda New CX-5 EliteMazda menghadirkan pelek baru di New CX-5 (Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto)

Agar facelift terasa 'afdol', Mazda menghadirkan pelek baru di New CX-5. Model lama yang terkesan lebih mewah ditinggalkan, diganti dengan pelek yang lebih terkesan modern. Namun secara ukuran, peleknya masih ring 19 dengan balutan ban ukuran 225 profil 55.

Beralih ke belakang, desainnya secara umum mirip dengan yang lama. Namun ikon desain lampu DRL depan, juga dihadirkan ke stop lamp-nya. Menurut kami, ubahan tipis ini sukses membuat tampilannya lebih modern.

Menariknya, New CX-5 hadir dengan kapasitas bagasi yang lebih besar 16 liter dari versi sebelumnya. Namun, tetap saja, CX-5 yang menggunakan platform untuk 5-seater tentu punya akomodasi yang lebih kompak daripada CR-V atau Almaz yang 7-seater.

Mazda New CX-5 EliteAura interior Mazda New CX-5 ini masih senada dengan yang lama (Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto)

Masuk ke dalam kabinnya, aura Mazda New CX-5 ini masih senada dengan yang lama. Praktis tak ada yang berubah di mobil versi baru ini, kecuali sejumlah tombol di bagian kanan setir. Tombol ini berguna untuk mengatur adaptive cruise control dan beberapa fitur keselamatan lainnya.

Menurut kami, aura interior dari Mazda New CX-5 ini memang mengesankan kemewahan dan menunjukkan kelasnya. Meski demikian, menurut kami untuk mobil canggih yang sudah mengusung layar instrumen kluster digital, seharusnya Mazda bisa lebih banyak menampilkan informasi terkait mobilnya.

Well! Meski ubahannya tipis-tipis, nyatanya sudah cukup untuk membuat New CX-5 makin klimis. Desainnya tetap berkarakter dengan tarikan garisnya yang tegas, membuatnya selalu menarik untuk dipandang.

[Halaman berikutnya: Fitur Keselamatan Makin Jempolan]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT