Tes All New Isuzu MU-X: Bikin Fortuner dan Pajero Sport Gigit Jari!

ADVERTISEMENT

Tes All New Isuzu MU-X: Bikin Fortuner dan Pajero Sport Gigit Jari!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 10 Mar 2022 07:09 WIB

Performa Suspensi yang Jempolan

Sebagai mobil pekerja keras, Isuzu mu-X terbaru iin hadir dengan kaki-kaki yang performanya jempolan. Selain karena mengusung sistem penggerak empat roda, Isuzu juga membekali mu-X ini dengan suspensi yang siap melahap berbagai kondisi jalan.

Jarak main dari suspensinya cukup tinggi dan karakter redamannya pun asyik. Melewati jalan jelek hingga trek tanah yang tak rata sekalipun rasanya bukan masalah. Pengendara hingga penumpang dapat merasakan artikulasi kaki-kaki yang baik dan asyik. Bahkan menariknya, suspensinya ini juga tak bikin pengendalian jadi menakutkan ketika dibawa bermanuver di jalanan mulus berliku. Sehingga dipakai ngebut di jalan tol pun rasanya tetap anteng.

Lalu kalau bicara soal handling, meski dimensi dan juga bobot mobil ini terbilang cukup intimidatif, nyatanya berkendara dengan Isuzu mu-X terbaru ini tidak menakutkan. Mobil masih enak dibawa merayap di jalan padat. Tentu itu berkat posisi duduk yang ergonomis dan visibilitas yang baik, serta ada fitur seperti sensor parkir hingga kamera mundur yang membantu.

Sedangkan untuk steering, khas mobil ladder frame tentu karakternya tak terlalu direct dan keasyikannya tak sebaik mobil monocoque. Namun di Isuzu mu-X ini ternyata karakter steering-nya cukup baik dan setir tetap terasa gampang ditaklukkan walau sudah mengusung ban yang lebih besar dan tak standar.

All New Isuzu mu-XTampilan kabin depan All New Isuzu mu-X (Rengga Sancaya/detikFoto)

Fitur Kurang Mewah, Tapi Cukup Wah!

Isuzu mu-X ini memang habitatnya di area tambang, plant, ataupun area tempat bekerja. Tak heran kalau mobil ini banyak digunakan oleh fleet sebagai kendaraan operasional dan jarang terlihat wara-wiri di jalan raya perkotaan.

Itu sebabnya, fitur yang ditanamkan oleh Isuzu ke mobil ini pun merupakan 'paket hemat' atau tak semewah rival di kelasnya. Meski demikian, fitur yang hadir di Isuzu mu-X terbaru ini cukup bisa membuat kita mengucap 'wah!'.

Salah satu fitur yang kami suka di Isuzu mu-X ini adalah rem parkir elektrik yang sudah dilengkapi dengan auto hold. Meski fitur ini rasanya terlalu mewah untuk hadir di mobil operasional, nyatanya fitur ini akan membuat pengendara lebih nyaman dan juga tak mudah lelah. Jadi bisa bekerja lebih keras, kan?

Selain itu, Isuzu juga membekali mobil ini dengan fitur Rough Terrain Mode yang terkoneksi ke sistem 4WD-nya. Dengan adanya fitur ini, mobil jadi anti slip dan dapat keluar dari medan yang rusak sekalipun. Fitur ini dapat mengontrol putaran mesin ke empat rodanya agar lebih tepat dengan kondisi mobil di trek tertentu.

Fitur lain yang juga menarik adalah headlamp Bi-LED yang sangat terang dan sangat baik dalam memberikan pencahayaan di kondisi gelap. Bahkan ada levelling-nya sehingga membuat visibilitas kian baik lagi. Namun sayang, Isuzu tak membekali mobil ini dengan lampu kabut, padahal jika digunakan di area tambang yang berkabut, kehadirannya tentu sangat bermanfaat.

Dari segi hiburan, ada layar headunit touch screen yang cukup lengkap fiturnya. Head unitnya dilengkapi dengan Apple Car Play dan Android Auto yang bisa dikoneksikan melalui sambungan kabel. Nah! Kami gatal sekali melihat posisi kabelnya yang diletakkan di dekat glove box depan. Menurut kami, sebaiknya Isuzu memindahkan USB port-nya ke lubang kosong di bawah pengaturan AC, agar lebih rapi.

Selebihnya, untuk urusan keselamatan tentu mobil ini dilengkapi dengan airbag dua buah yang ditempatkan di dpena. Selain itu ada ABS, EBD, hingga Brake Assist. Isuzu mu-X ini juga hadir dengan Electronic Stability Control, Traction Control System, Hill Start Assist, hingga Hill Descent Control yang membuat mobil dapat melaju lebih aman di medan atau kondisi yang sulit.

Lantas, secara fitur memang sulit untuk menilai Isuzu mu-X ini lengkap. Namun, dengan beberapa fitur yang cukup memanjakan pengemudi hingga penumpangnya, mobil ini terasa cukup. Apalagi jika melihat harganya dan harga kompetitornya.

[Halaman berikutnya: Harga dan Spesifikasi All New Isuzu mu-X]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT