Isuzu MU-X Duel dengan Pajero Sport-Fortuner, Bagaimana Peluangnya?

ADVERTISEMENT

Isuzu MU-X Duel dengan Pajero Sport-Fortuner, Bagaimana Peluangnya?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 10:38 WIB
Isuzu luncurkan dua mobil baru di GIIAS 2021, All New MU-X 4X4 dan D-Max
Isuzu MU-X terbaru mejeng di GIIAS 2021 Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta -

Isuzu Indonesia resmi menghadirkan MU-X dan D-Max terbaru dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2021. Kehadiran Isuzu MU-X akan langsung berhadapan dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) hanya memasarkan Isuzu MU-X dalam satu varian dengan penggerak 4x4. Target pasar dari Isuzu MU-X terbaru ini lebih kepada para eksekutif di sektor tambang, perkebunan, minyak, dan gas.

"Kita pelajari makin tajam kebutuhan konsumen kita seperti apa, kita selalu improve ke sana," kata Marketing Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril saat ditemui di GIIAS 2021, ICE-BSD, Tangerang.

Berbeda dengan kompetitornya, punya ragam varian lebih banyak, tersedia 4x4 dan 4x2. Sementara Isuzu MU-X dan D-Max hanya terdapat pilihan opsi penggerak 4x4.

Bila melirik model Isuzu MU-X yang sudah dipasarkan di Asia Tenggara, hadir dalam dua opsi penggerak roda. Tentu opsi tersebut bisa dijadikan alternatif bagi konsumen. Segmentasi pasar yang khusus, serta jumlah varian yang sedikit dari kompetitor membuat Isuzu tidak menargetkan penjualan secara agresif.

"Kita coba dulu tidak akan besar-besar. Mungkin sekitar 1.000 sampai 1.500 untuk setahun," kata Attias.

Attias mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk memasarkan produk 4x2 dari Isuzu MU-X maupun D-Max.

"Ya nanti 4x2 tunggu tanggal mainnya. Ada kemungkinan," kata Attias.

Sejatinya untuk pasar di Asia Tenggara, seperti yang sudah meluncur di Thailand dan Malaysia terdapat opsi mesin 1.900 cc dan 3.000 cc. Tapi untuk pasar Indonesia, PT IAMI hanya memasukkan model Isuzu MU-X dengan pilihan mesin diesel 1.900 cc turbo berkode RZ4E-TC dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Sementara untuk produksi lokal pihaknya masih melihat perkembangan pasar dalam negeri terhadap penerimaan mobil SUV ladder frame tersebut.

"Kita mengejar volume dulu, karena kalau tidak nanti untuk menjadi CKD, dengan quantity pasti tidak akan visible. Kita kejar begitu volume besar, tentunya skenarionya akan ke sana," tambah dia.

Isuzu MU-X generasi terbaru punya dimensi lebih besar dari pendahulunya. MU-X baru berukuran panjang 4.850 mm (+25 mm), lebar 1.870 mm (+10 mm), tinggi 1.875 mm (+35 mm), dan sekarang memiliki jarak sumbu roda 2.855 mm (+10 mm)

Untuk menantang Pajero Sport - Fortuner, All New MU-X ri Indonesia juga dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap seperti six airbags, electronic stability control, ABS, EBD, brake assist, hill start assist, hill descent control and traction control.

Soal harga, Isuzu MU-X dijual dalam satu varian transmisi automatic dengan banderol Rp 555,9 juta.



Simak Video "Pas Buat Healing! Isuzu Pamer Campervan di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT