ADVERTISEMENT

Spesifikasi Isuzu D-Max 2021: Tiga Varian, Fitur, Harga Mulai Rp 360 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 07:35 WIB
Jakarta -

All New Isuzu D-Max resmi dijual untuk pasar Indonesia. Mobil yang bertarung di segmen kendaraan komersial ringan itu melantai dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dengan sejumlah pembaruan.

Isuzu D-Max sudah dinanti para lawannya di Indonesia, seperti Mitsubishi Triton, dan Toyata Hilux. Nah, bekal apa yang dibawa Isuzu D-Max terbaru untuk pasar Indonesia? Berikut ini ulasannya.

Sejatinya untuk pasar di Asia Tenggara, seperti yang sudah meluncur di Thailand dan Malaysia terdapat opsi mesin 1.900 cc dan 3.000 cc. Tapi untuk pasar Indonesia, PT IAMI hanya memasukkan model Isuzu D-Max dengan pilihan mesin diesel 1.900 cc turbo berkode RZ4E-TC dengan transmisi manual enam percepatan.

Isuzu D-Max terbaru disebut menyasar segmen tambang, plantation, oil & gas, dan rental company. "Kita sesuaikan dengan kondisi kita buat dipakai di tempat kerja, segmentasi yang kita sasar. Kita menilai spek ini yang paling tepat," kata Marketing Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril saat ditemui di GIIAS 2021, ICE-BSD, Tangerang.

All New Isuzu D-Max mengusung platform baru, yang kini memiliki dimensi dan ukuran bak belakang lebih besar. Mobil ini sudah menjalani debut global sejak tahun lalu. Khusus pasar Indonesia, model yang ditawarkan ialah 4WD (Four Wheel Drive).

Mobil yang menyasar para pengusaha dan area tambang ini tersedia dalam tiga pilihan, yakni D-Max Single Cabin, D-Max Double Cabin (DC), dan D-Max Rodeo. Seluruhnya hanya tersedia transmisi enam percepatan.

Tampang punya tongkrongan off-road

Dari segi tampang, All New Isuzu D-Max membawa sejumlah perubahan. Kesan sporty terpancar dari kombinasi grill, dan headlamp baru.

Pada bagian lampu, All New Isuzu D-Max juga masih menggunakan halogen. Pada varian tertinggi, dilengkapi foglamp dan juga Day Time Running Light (DRL).

PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan dua mobil sekaligus pada ajang GIIAS 2021. Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max resmi menyapa Indonesia Kamis (11/11/2021).Tampang Isuzu D-Max terbaru yang meluncur untuk pasar Indonesia. Foto: Grandyos Zafna

Interior

Sementara dari segi interior, All New Isuzu D-Max disebut memberi kelapangan untuk membawa segala perlengkapan, seperti tool kits, sarung tangan, rompi, atau botol air yang diletakkan pada place holder pada tiap pintu.

Dari segi hiburan, pada varian SC dan DC dilengkapi 2 Din Radio plus Bluetooth. Sementara versi tertingginya Rodeo DC dilengkapi Head Unit 7 inch touchscreen.

Fitur Keamanan Isuzu D-Max

All New Isuzu D-Max mendapatkan beberapa fitur keselamatan, yakni dual air bag, ABS, EBD, Brake Assist, dan Emergency Stop Signal. Ini menjadi fitur standar yang terpasang pada Isuzu D-Max.

Paling lengkap tersedia pada varian D-Max Rodeo. Varian ini sudah terpasang beberapa fitur keselamatan aktif, di antaranya:

  • Electronic Stability Control
  • Traction Control System
  • Hill Start Assist
  • Hill Descent Control
  • Rear Camera
  • Immobilizer

Dimensi

All New Isuzu D-Max memiliki badan yang lebih bongsor dari generasi sebelumnya. Misalnya untuk varian double cabin, sekarang punya panjang 5.265 mm (+65 mm) x lebar 1.870 mm (+10 mm), sementara tingginya sama, yakni 1.785 mm.

Sementara ground clearance All Isuzu D-Max juga kini sama rata untuk double cabin, yakni 235 mm. Sementara single cabin menjadi 220 mm atau naik 5 mm.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan dua mobil sekaligus pada ajang GIIAS 2021. Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max resmi menyapa Indonesia Kamis (11/11/2021).Isuzu D-Max generasi ketiga Foto: Grandyos Zafna

Dari sektor kaki-kaki, mobil tambang ini menggunakan suspensi double whisbone - coil spring pada bagian depan. Sedangkan peredam belakang pakai Leafspring Rigid Axle. Ukuran velg naik dari versi sebelumnya, yakni ring 17 (DC dan Rodeo) dengan balutan ban 255/65.

Sebagai mobil komersial ringan, keunggulan yang coba ditawarkan ialah kapasitas kargo bak belakang yang membengkak dari generasi sebelumnya. All New Isuzu D-Max punya panjang kargo 2.330 mm (+25 mm) untuk single cab, 1.571 (+86 mm) untuk double cabin. Sedangkan lebarnya jadi 1.590 mm (+20 mm) single cabin, dan 1.530 mm untuk double cabin.

Mesin

All New Isuzu D-Max menggunakan mesin baru. Pendahulunya memakai kode mesin 4JK1-TC Hi Power 2.499 cc yang sanggup memuntahkan tenaga 100 kW (136 PS) di 3.400 rpm dan torsi 320 Nm (32,6 kgm) di 1.800 - 2.800 rpm.

Mesin generasi ketiga Isuzu D-Max yang ditawarkan di Indonesia mengusung mesin berkode RZ4E-TC berkapasitas 1.898 cc. Di atas kertas lebih mumpuni, sanggup memuntahkan tenaga 150 PS di 3.600 rpm, dan torsi 35,8 kgm di putaran 1.800 - 2.600 rpm. Tapi Isuzu kali ini hanya memasarkan tipe transmisi manual saja untuk pasar Indonesia.

Varian dan harga

All New Isuzu D-Max hanya tersedia dalam satu opsi transmisi saja, yakni manual enam percepatan. Sedangkan modelnya tersedia dalam tiga trim, yakni Single Cabin, Double Cabin, dan Rodeo.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan dua mobil sekaligus pada ajang GIIAS 2021. Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max resmi menyapa Indonesia Kamis (11/11/2021).Interior Isuzu D-Max Foto: Grandyos Zafna

Pilihan warna tersedia Valencia Orange (Rodeo), Onyx Black Mica (Rodeo), Splash White (Rodeo, DC, SC), dan Mercuri Silver (Rodeo, DC, SC).

Berikut ini daftar harga dari All New Isuzu D-Max:

  • Isuzu D-Max Rp 363,6 juta (SC 1.9 M/T)
  • Isuzu D-Max Rp 433,2 juta (DC 1.9 M/T)
  • Isuzu D-Max Rp 459,8 juta (Rodeo)

(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT