Soal Euro 4, Isuzu: Kami Sudah Siap Sejak 10 Tahun Lalu

ADVERTISEMENT

GIIAS 2021

Soal Euro 4, Isuzu: Kami Sudah Siap Sejak 10 Tahun Lalu

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 13 Nov 2021 21:55 WIB
New Isuzu GIGA Tractor Head
Ilustrasi Isuzu Giga Foto: Team detikOto
Jakarta -

PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) identik dengan kendaraan komersial berbekal mesin diesel. Wajar jika ada asumsi bahwa Isuzu jadi kelimpungan akibat semakin ketatnya aturan emisi gas buang. Hmm, benar seperti itu tidak ya?

Isuzu menjawab dengan memastikan siap melaksanakan kebijakan pemerintah untuk penerapan standar emisi Euro 4 pada seluruh kendaraan bermesin diesel. Bahkan sebenarnya, Isuzu sudah siap sejak 10 tahun lalu, tepatnya ketika truk Isuzu Giga pada 2011 telah menggunakan mesin commonrail.

Seperti yang disampaikan Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Jumat (12/11/2021).

"Mesin commonrail yang dimiliki Isuzu sudah sesuai standar Euro 4. Mesin commonrail juga sudah diterapkan pada Isuzu Elf NMR 81 tahun 2018. Selain itu, pada tahun 2019, Isuzu Indonesia juga melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina yang sudah menggunakan mesin dengan standard Euro 4," ujar Tonton.

Tonton menambahkan, Isuzu tetap berkomitmen mempertahankan DNA Isuzu yang irit bahan bakar sehingga biaya operasional yang ditimbulkan karena bahan bakar mahal dapat ditekan.

"Apalagi Isuzu sudah melakukan tes performa yang menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar unit Euro 4 Isuzu lebih irit ketimbang unit Euro 2 Isuzu. Namun, dalam penggunaan aktual di konsumen, mungkin hasil bisa berbeda karena dipengaruhi cara berkendara, berat muatan, jenis jalan, dan medan," Tonton menambahkan.

Isuzu siap menyambut Euro4Isuzu siap menyambut Euro4 Foto: dok. Isuzu

"Pengalaman Isuzu 10 tahun dengan mesin commonrail membuktikan kalau produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang," Tonton menambahkan.

Sebagai catatan, pemerintah berencana menerapkan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel mulai 2022. Peraturan itu tertuang dalam surat yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020.

Nantinya, semua produsen otomotif yang merakit kendaraan niaga bermesin diesel harus mulai melakukan produksi pada 7 April 2022. Anjuran untuk beralih ke Euro 4 itu sebenarnya sudah tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel Isuzu sepanjang Januari hingga September 2021 meningkat 51,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Sepanjang Januari hingga September 2021, Isuzu meraih total penjualan ritel 18.402 unit, sedangkan tahun sebelumnya hanya 12.116 unit. Pangsa pasar Isuzu juga naik, dari 3% menjadi 3,1%.



Simak Video "Pas Buat Healing! Isuzu Pamer Campervan di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT