GIIAS 2021

Gaikindo: Industri Otomotif Indonesia Tumbuh Berkat PPnBM

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 11 Nov 2021 10:58 WIB
Jakarta -

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka oleh Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, hari ini Kamis (11/11/2021). Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) ikut memberi laporan dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, soalnya berkat kebijakan diskon pajak barang mewah atau diskon PPnBM, industri otomotif Indonesia tumbuh hingga 68 persen periode Januari-Oktober 2021.

Demikian disampaikan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam pembukaan GIIAS 2021. "Tak terasa lebih dari 2 tahun berlalu, sejak penyelenggaran GIIAS sebelumnya 2019, industri otomotif berjuang untuk tetap berkontribusi kepada negara. Rasa berterima kasih kami ucapkan kepada pemerintah atas dukungan dan kebijakan dari pemerintah telah mendorong mempercepat bangkitnya industri otomotif dari dampak pandemi Covid-19," ujar Nangoi.

"Selain itu vaksinasi yang semakin menyeluruh ke masyarakat dan semakin baiknya penanganan pandemi yang membuat terus melandainya kasus COVID-19, akhirnya pameran GIIAS 2021 yang senantiasa ditunggu dapat kembali diselenggarakan dengan protokol kesehatan. Pada kesempatan ini kami akan melaporkan beberapa hal," Nangoi menambahkan

Nangoi pun mebeberkan pencapaian indsutri otmotif Indonesia periode Januari-Oktober 2021, dibandingkan periode yang sama pada 2020.

"Pertama, saat ini Indonesia sudah swasembada kendaraan bermotor, karena selama ini kebutuhan kendaraan bermotor domestik sudah dipenuhi oleh industri otomotif, bahkan juga ikut memenuhi pasar ekspor," kata Nangoi.

Airlangga Hartarto membuka GIIAS 2021Airlangga Hartarto membuka GIIAS 2021 Foto: Rifkianto Nugroho

"Kedua, dengan kebijakan PPnBM ditanggung pemerintah, pencapaian industri otomotif menghasilkan peningkatan dengan baik, kendaraan yang mendapatkan PPnBM ada 36 jenis model yang diproduksi di Indonesia dengan lokal konten lebih dari 60 persen, pada Januari-Oktober 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu 2020, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen, periode yang sama ekspor CBU mengalami kenaikan sebesar 33,5 persen," tutup Nangoi.

Pameran mobil terbesar di Indonesia, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 akan berlangsung mulai besok, 11-21 November 2021 di ICE, BSD City, Kabupaten Tangerang. Sederet brand otomotif kenamaan akan meramaikan event akbar ini.

Sejumlah brand kenamaan akan hadir pada penyelenggaraan GIIAS 2021, dari kendaraan penumpang antara lain Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan kendaraan komersial, seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan Scania akan hadir dengan deretan produk dan teknologi terkini. Selain itu, ada pula kehadiran lebih dari 100 merek aksesoris dari jajaran industri pendukung, serta brand sepeda motor.

(lth/din)