Shift On The Fly di Mobil 4WD, Apa Artinya?

ADVERTISEMENT

Shift On The Fly di Mobil 4WD, Apa Artinya?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 27 Feb 2022 11:09 WIB
Mode shift on the fly di Isuzu MU-X
Ilustrasi mode penggerak di Isuzu All New MU-X 1.9 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Mobil kekinian punya beragam fitur hingga teknologi canggih. Di mobil 4 Wheel Drive (4WD), ada istilah 'shift on the fly', apa artinya?

Dilansir dari laman Mitsubishi Motors, dengan adanya mode shift on the fly dalam sistem penggerak 4WD memungkinkan pengendara untuk memindahkan mode penggerak roda dari 2WD High ke 4WD High secara elektris dalam kondisi mobil sedang berjalan.

"Bahkan Anda dapat memindahkan mode penggerak roda dari 2WD ke 4WD hingga pada kecepatan 100 km/jam," tulis Mitsubishi.

Untuk menggunakan fitur shift on the fly ini pengendara cukup memutar knop penggerak roda layaknya memutar knop volume. Dalam pengetesan detikOto terhadap Isuzu All New MU-X 1.9 dan beberapa mobil SUV 4WD kekinian, pergeseran penggerak roda dari 2WD high ke 4WD high yang dilakukan sambil berjalan, akan memakan waktu lebih lama ketimbang mobil diam.

Ada beberapa detik proses untuk mobil memindahkan mode penggerak dari 2WD ke 4WD, yang biasanya dibarengi dengan lampu indikator yang menyala berkedip hingga akhirnya mobil masuk ke mode penggerak roda yang diharapkan. Fitur ini biasanya hanya dapat memindahkan sistem penggerak roda 2WD high dan 4WD high, sehingga untuk menggunakan sistem penggerak roda 4WD Low perlu dalam kondisi berhenti hingga shifter di posisi netral.

Selain fitur shift on the fly, umumnya mobil 4WD menggunakan tuas mekanikal untuk mengoperasikan perpindahan mode penggerak roda. Tuas ini biasanya berukuran lebih kecil dari tuas shifter dan letaknya berdekatan.

Pada beberapa mobil yang belum mengusung ataupun sudah mengusung fitur shift on the fly, untuk memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD harus dilakukan dalam kondisi berhenti. Beberapa pabrikan, ada yang menyarankan untuk melakukan perpindahan penggerak roda ini dalam kondisi shifter di posisi Netral (N).



Simak Video "Siap-siap! Toyota Punya Rencana Jual Mobil Listrik bZ4X di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT