Kenapa New Jeep Compass Pakai Sistem 4x2 dan Penggerak Roda Depan?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 02 Des 2021 07:34 WIB
PT DAS Indonesia Motor selaku distributor resmi Jeep di Indonesia meluncurkan produk terbarunya Jeep Compass facelift, Jakarta, Rabu (1/12). Begini tampilanya.
New Jeep Compass menggunakan sistem 4x2 dan penggerak roda depan. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

New Jeep Compass resmi diluncurkan di Indonesia. Selain harganya yang lebih murah dibanding model-model Jeep lainnya, satu hal lagi yang juga menarik adalah sistem penggerak roda mobil ini yang ternyata pakai sistem 4x2 dan penggerak roda depan (Front Wheel Drive). Padahal saudara-saudaranya seperti Wrangler dan Gladiator menggunakan sistem penggerak roda 4x4 yang sangat powerful di berbagai medan jalan. Lalu apa alasan Jeep menyematkan sistem 4x2 FWD pada model New Compass?

Dikatakan Chief Operating Officer (COO) DAS Indonesia Motor, Dhani Yahya, sistem penggerak roda New Jeep Compass memang sengaja dibuat seperti itu lantaran mobil ini memiliki peruntukkan yang berbeda, yakni untuk melibas jalanan perkotaan.

"Variannya 4x2 sekarang. Karena memang kebutuhannya untuk menjelajahi rimba beton (di jalanan perkotaan). Jadi untuk yang small, dengan power yang cukup dan efisiensi fuel consumption saya rasa dengan 4x2 ini adalah untuk menjawab kebutuhan dari konsumen," kata Dhani kepada wartawan di Senayan City, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Lanjut Dhani menambahkan, New Jeep Compass lebih menyasar kepada kalangan anak muda yang ingin kendaraan berteknologi tinggi, bisa terkoneksi dengan gawai, tapi di sisi lain juga tetap nyaman digunakan untuk berkendara keluar kota dan melewati berbagai medan jalan.

Sebagai informasi, New Jeep Compass yang dipasarkan di Indonesia diimpor secara utuh dari India. Mobil SUV berkapasitas 5 penumpang ini dibanderol Rp 699 juta off the road atau Rp 770-780 juta untuk harga versi on the road di wilayah Jakarta.

Bagi konsumen yang berminat dengan New Jeep Compass bisa langsung meminang mobil ini karena statusnya ready stock. New Jeep Compass ditawarkan dalam beberapa pilihan warna, yakni hitam (one tone) dan silver (two tone). Tahun depan DAS Indonesia Motor berencana membawa New Jeep Compass dengan pilihan warna hijau, merah, dan warna-warna menarik lainnya.

Di atas kertas, New Jeep Compass menawarkan mesin 1,4 liter 14 MultiAir turbo, yang bisa menghasilkan tenaga 163 dk di 5.500 rpm dan torsi 250 Nm pada 2.500 rpm. Mobil ini menggunakan sistem penggerak FWD (Front Wheel Drive) 4x2, dengan transmisi otomatis 7-percepatan DDCT (Dual Dry Clutch Automatic).

(lua/din)