Tes Jeep Compass: Jeep Termurah di Indonesia yang Canggih dan Pas untuk Harian

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 15:41 WIB
Jakarta -

Jagoan terbaru dan termurah dari Jeep sudah tiba di tanah air sejak akhir 2021 silam, yakni New Jeep Compass. SUV berukuran cukup kompak ini hadir ke Indonesia dalam tipe Limited dan dengan penggerak 4x2.

Tak berselang lama dari peluncuran, detikOto langsung menjajal mobil ini. Lantas seperti apa impresi berkendaranya dan apa saja yang ditawarkan oleh Jeep Compass terbaru? Simak ulasan kami kali ini!

New Jeep Compass telah mengaspal di Indonesia sejak 1 Desember 2021 lalu. Yuk kita rasakan performanya.Wujud Jeep Compass yang dites oleh tim detikOto Foto: Grandyos Zafna

Desain yang Ikonik

Di kelas premium SUV dengan dimensi yang cukup kompak, Jeep Compass praktis menantang dominasi BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA 200.

Jangan bayangkan mobil ini sebesar Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner, Jeep Compass ini punya panjang total yang mirip dengan Mercy GLA 200 atau selisih 30 mm lebih pendek dari Toyota Rush. Sedangkan untuk lebarnya mirip dengan Corolla Cross dan tingginya mirip dengan Honda CR-V. Kompak, bukan?

Desain dari Jeep Compass ini sangat ikonik. Sekilas bahasa desainnya mirip dengan Cherokee ataupun masih terasa kental aura Compass versi sebelumnya. Desain grille-nya khas, namun kini makin keliatan modern berkat dijepit oleh lampu utama yang sudah full LED. Lengkap dengan DRL dan lampu kabutnya.

Jeep CompassTampak samping Jeep Compass Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Sedangkan dari samping, siluet bodinya pun masih sama dengan yang lama. Bentuknya lumayan mengotak di belakang dan hadirnya wheel arch moulding-nya membuat kesan yang kian gagah. Tak lupa ada emblem 'Compass' sebagai penanda.

Jeep Compass baru ini terlihat gagah kaki-kakinya. Jeep membekali Compass dengan pelek palang lima ring 18 yang dibalut dengan ban ukuran 225 profil 55. Peleknya hadir dengan kelir two-tone yang matching dengan warna bodi mobil yang kami tes.

Desain belakang dari Jeep Compass pun tak kalah menarik. Kini, Jeep Compass mengusung lampu belakang LED yang membuat tampilannya lebih segar. Tak lupa di belakang juga ada emblem Limited sebagai penanda tipe-nya.

New Jeep Compass telah mengaspal di Indonesia sejak 1 Desember 2021 lalu. Yuk kita rasakan performanya.Interior Jeep Compass tampak mewah dengan hadirnya panoramic sun roof yang besar Foto: Grandyos Zafna

Masuk ke kabinnya, aura mewah langsung terasa. Jeep Compass yang kini mengaspal di Indonesia sudah dibekali dengan panoramic sun roof yang luas. Selain itu, Compass juga dibekali dengan jok yang dibalut kulit berwarna hitam dan bahannya pun terasa berkelas.

Secara umum, desain dari Jeep Compass ini memang menyegarkan pasar SUV di Indonesia yang sudah 'itu-itu saja' dan cocok buat pecinta Jeep yang tengah mencari mobil harian. Apalagi dengan emblem sederhana tulisan 'Jeep' membuat mobil ini tampak semakin jelas kelasnya di jalanan.

[Halaman selanjutnya: Mesinnya Jempolan, Transmisinya Bikin Gregetan]