Segini Konsumsi Bensin Pick-Up yang Beratnya Lebih dari 2 Ton, Jeep Gladiator Rubicon 2021

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 25 Okt 2021 20:15 WIB
Jeep Gladiator Rubicon 2021
Wujud Jeep Gladiator Rubicon 2021 yang dites oleh tim detikOto Foto: Yulius Dimas Wisnu Adi
Jakarta -

Jeep Gladiator Rubicon 2021 yang masuk ke pasar Indonesia dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 3.600 cc. Mesinnya ini adalah mesin normally aspirated dengan konstruksi V6.

Sejatinya, sebuah jip hadir dengan mesin yang bertenaga buas dan torsi yang melimpah. Meskipun Gladiator Rubicon ini memakai mesin bensin yang tak dibekali turbo, nyatanya tetap bisa menghadirkan tenaga dan torsi yang tak kecil. Belum lagi, suara khas dari mesin V6-nya sangat memanjakan telinga ketika idle maupun digeber.

Di atas kertas Jeep mengklaim, tenaga yang dapat keluar dari mesin V6 Pentastar ini sebesar 285 HP di 6.400 RPM, sedangkan torsinya ada di angka 353 Nm di 4.400 RPM. Tenaga segini sudah lebih dari cukup untuk sekadar wara-wiri di perkotaan atau off road sekalipun. Namun harus diakui, iri rasanya melihat figur tenaga Jeep dengan mesin berturbo ataupun mesin diesel.

Menurut kami, impresi mesin 3.600 cc ini memang menyenangkan. Tenaga disalurkan dengan sangat baik dan terasa natural berkat absennya turbo. Rasanya untuk kebutuhan off road atau melibas jalan yang terjal di pegunungan, memang lebih pas dengan figur tenaga yang natural naiknya.

Selama kami menggunakan Jeep Gladiator Rubicon ini, jarang sekali mesin ini bermain di putaran lebih dari 3 ribu RPM. Namun, satu hal yang membuat kami sedikit bingung adalah perpindahan percepatan transmisinya terasa agak delay dan kerap terjadi di RPM 3 ribu. Menurut kami, rasanya hal ini dapat menjadi faktor konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Dari hasil pengetesan kami, untuk rute perjalanan Jakarta-Bandung yang notabene jalan menanjak, kami dapat hasil konsumsi bahan bakar di sekitar 9 km/liter. Namun, ketika pulangnya alias rute Bandung-Jakarta, dengan kecepatan rata-rata di 90 hingga 100 km/jam, kami mendapat hasil konsumsi bahan bakar rata-rata terbaik di 10,4 km/liter.

Nah, untuk harian, dengan kecepatan rata-rata di 20 hingga 25 km/jam, Jeep Gladiator Rubicon ini ternyata mencatatakan angka konsumsi bahan bakar rata-rata di 7 km/liter. Bahkan jika sangat macet, beberapa kali kami mendapat konsumsi bahan bakar perjalanan di 6 km/liter.

Lantas, layakkah mobil ini untuk harian? Well, jika kita mengesampingkan faktor borosnya konsumsi bahan bakar dan dapat membiasakan diri dengan dimensinya yang gambot, maka mobil ini sangat layak untuk dipakai harian. Desainnya gagah, mesinnya bertenaga, dan secara akomodasi pun sangatlah baik.

(mhg/lua)