Road Trip Jakarta-Bali 3.000 Km, Buat Bensin dan Tol Habis Berapa?

ADVERTISEMENT

Ekspedisi 3.000 Km

Road Trip Jakarta-Bali 3.000 Km, Buat Bensin dan Tol Habis Berapa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 03 Des 2021 15:09 WIB
Jakarta -

Belum lama ini, detikOto bersama tim detikTravel dan detikFood berkesempatan melakukan road trip dari Jakarta ke Bali dan kembali ke Jakarta. Jarak yang kami tempuh totalnya lebih dari 3.000 km. Habis biaya berapa untuk melakukan perjalanan ini?

Ekspedisi 3.000 km ini ditemani oleh Wuling Almaz RS. Sebagai gambaran, kami membawa Wuling Almaz RS dengan posisi penumpang penuh 5 orang (termasuk sopir) dan barang bawaan sejauh lebih dari 3.000 km dari Jakarta ke Bali PP.

Dari catatan odometer, total perjalanan road trip ini mencapai 3.139 km. Dalam road trip kali ini, kami tidak langsung menuju Bali, tapi mampir ke beberapa kota untuk mengunjungi tempat wisata yang mulai pulih setelah diterjang pandemi COVID-19. Tak cuma ke tempat wisata, kami juga mengunjungi beberapa lokasi untuk menikmati sajian kuliner lokal khas di setiap kota yang kami kunjungi. Untuk liputan tempat wisata menarik selama perjalanan road trip ini, kamu bisa baca artikelnya di detikTravel. Untuk sajian kuliner yang kami nikmati selama perjalanan, kamu bisa baca artikelnya di detikFood.

Road trip 3.000 km bersama Wuling Almaz RS dilakukan selama 9 hari. Perjalanan dimulai dari Gedung Transmedia di Mampang, Jakarta Selatan, menuju Yogyakarta. Dari Yogyakarta menuju Banyuwangi, lalu menyeberang ke Bali. Di Bali, kami mengeksplorasi lokasi wisata dan sajian kuliner di wilayah utara Bali. Beberapa lokasi wisata di utara Pulau Bali di antaranya Air Terjun Gitgit di Buleleng, Desa Wisata Les, Savana Tianyar, hingga Pantai Lovina. Setelah puas mengeksplorasi Bali, kami kembali ke Jakarta lewat Banyuwangi, Jember, Surabaya, Semarang dan ke Jakarta. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bensin dan tol selama perjalanan 3.000 km?

Sebelum memulai perjalanan, kami telah memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima. Tangki bahan bakar pun kami isi penuh saat start dari Jakarta. Dari Jakarta, kami menuju Tasikmalaya untuk makan siang di sana. Menuju Tasikmalaya, kami melewati tol Jakarta-Cikampek dan Tol Purbaleunyi, keluar di Cileunyi untuk menuju Nagreg sampai Tasikmalaya.

Di Tasikmalaya, kami mengisi bensin Wuling Almaz RS meski indikator masih menunjukkan posisi setengah. Kami tetap mengisi bensin walaupun belum habis sama sekali untuk memastikan perjalanan tetap lancar tanpa kendala.

Dari Tasikmalaya, perjalanan dilanjutkan ke Purwokerto untuk menikmati sajian kuliner khas. Dari Purwokerto baru kami menginap di Yogyakarta.

Wuling Almaz RS di YogyakartaWuling Almaz RS di Yogyakarta Foto: Rifkianto Nugroho

Hari kedua, kami mengeksplorasi Yogyakarta. Selama di Kota Gudeg, kami menuju Candi Plaosan, Pasar Beringharjo di Malioboro, Desa Krebet, Pantai Parangtritis, hingga ke Tebing Breksi.

Di hari ketiga, kami melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dari Yogyakarta. Perjalanan ini sangat panjang, kami melewati jalan tol dan jalur pantura untuk menuju Banyuwangi.

Dari Yogyakarta, kami mengakses jalan tol Trans Jawa dari Gerbang Tol Colomadu di Boyolali. Dari sana, mobil digaspol sampai ke Probolinggo. Perjalanan hari kedua ini menghabiskan jarak sekitar 600 km.

Kami tiba di Banyuwangi pada malam hari. Besoknya di hari keempat baru mengeksplorasi beberapa wisata di Banyuwangi. Di hari yang sama, kami menyeberang ke Bali.

Wuling Almaz RS di Hutan De Djawatan BanyuwangiWuling Almaz RS di Hutan De Djawatan Banyuwangi Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Eksplorasi di Bali menghabiskan waktu tiga hari. Beberapa lokasi wisata di utara Pulau Bali di antaranya Air Terjun Gitgit di Buleleng, Desa Wisata Les, Savana Tianyar, Pantai Lovina hingga Danau Tamblingan.

detikOto mencoba membawa Wuling Almaz RS ini menuju Savana Tianyar di Karangasem, Bali dengan medan berpasir dan berbatu.Wuling Almaz RS Pamer Jati Diri di Savana Tianyar Bali Foto: Rifkianto Nugroho

Puas berwisata di Bali, perjalanan pulang dilanjutkan lewat Banyuwangi, Jember dan menginap semalam di Surabaya. Dari Surabaya, kami menuju Semarang untuk menginap lagi sebelum kembali ke Jakarta keesokaan harinya.

Berdasarkan catatan tim kami, total biaya yang dikeluarkan untuk melakukan road trip dari Jakarta lewat Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali dan kembali lewat Banyuwangi, Jember, Surabaya, Semarang hingga ke Jakarta sebesar Rp 6.533.500. Itu sudah termasuk biaya bensin dan tol. Selama perjalanan 9 hari, kami mengisi bensin dengan total biaya sebesar Rp 5.730.000, sisanya biaya tol.

Sebagai gambaran, mobil yang kami gunakan diisi penumpang penuh 5 orang dan barang bawaan di bagasi. Mobil kami kendarai dengan normal, juga menemui beberapa titik kemacetan. Sesekali mobil kami geber dengan kecepatan tinggi di jalan tol sekaligus untuk menguji performa Wuling Almaz RS ini.



Simak Video "Duel SUV Populer, CR-V vs Almaz Siapa yang Lebih Laris?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT