Ototest

Merasakan Perubahan Drastis All New Honda BR-V

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 30 Nov 2021 13:45 WIB
All New Honda BR-V
Test drive All New Honda BR-V. Foto: Dok. HPM
Karawang -

PT Honda Prospect Motor (HPM) telah memberikan penyempurnaan pada low SUV Honda BR-V. Kini, Honda BR-V memasuki generasi kedua dengan sejumlah pembaruan. Honda BR-V generasi kedua berubah total. Sensasi berkendaranya pun ditingkatkan.

Kini, detikcom mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung perbedaan Honda BR-V generasi terbaru dengan Honda BR-V generasi pertama. Sesi test drive All New Honda BR-V ini dilakukan di fasilitas pengujian mobil di Pabrik HPM Karawang, Jawa Barat.

Sesi pertama, kami mencoba BR-V generasi pertama. Selanjutnya, kami mencoba dan membandingkannya dengan All New Honda BR-V. Honda mengatakan, All New Honda BR-V ini masih versi trial, tapi mendekati produksi massal. Bagaimana perbedaannya dengan BR-V generasi sebelumnya?

All New Honda BR-VAll New Honda BR-V (kiri) dan BR-V generasi pertama. Secara dimensi All New Honda BR-V lebih panjang, lebih lebar, dan wheelbase lebih panjang 40 mm. Foto: Dok. HPM

Kesan pertama masuk All New Honda BR-V adalah kabinnya yang lebih senyap dibandingkan BR-V sebelumnya. Honda menjelaskan, All New Honda BR-V menggunakan struktur panel tertutup di sekitar area panel bodi untuk meningkatkan kesenyapan dan mencegah debu/bau dari luar masuk ke kabin. Hasilnya, kabin lebih kedap 60% dari model sebelumnya.

Paket kedap suara dioptimalkan di beberapa bagian seperti insulasi suara, spatbor belakang, penutup bawah dan kap mesin.

Saat mobil digeber, kebisingan mesin pun dapat diredam lebih baik ketimbang BR-V generasi sebelumnya. Beberapa perbaikan pada kebisingan mesin antara lain penutup kepala mesin yang disempurnakan untuk mengurangi radiasi suara mesin, kemampuan penutup Uretan yang ditingkatkan, side mounted dengan modul dinamis untuk mengurangi getaran, peningkatan trans mounting, serta dudukan batang torsi disempurnakan untuk mengurangi getaran.

Mesin lebih responsif >>>