Honda BR-V Bakal Diekspor ke 30 Negara: Asia, Afrika, sampai Amerika

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 14:47 WIB
Jakarta -

Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda BR-V. Mobil ini diproduksi di Indonesia. Bahkan, Honda mengatakan mobil ini khusus dikembangkan di Indonesia.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan pihaknya sudah menerima 2.300 pesanan Honda BR-V generasi terbaru. Pemesanan paling banyak ada di Jakarta sebanyak 50%. Sementara tipe favorit adalah BR-V tipe tertinggi yang dibekali fitur Honda Sensing.

"Mobil ini belum mobil mass production, masih mobil trial mendekati mass production. Karena mass production baru dilakukan pertengahan-akhir Desember dengan nomor rangka 2022. Harga yang diumumkan sudah termasuk pajak emisi," kata Billy di sela-sela acara test drive All New Honda BR-V di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, Senin (29/11/2021).

Honda All New BR-VHonda All New BR-V Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

Billy mengatakan, Honda BR-V generasi terbaru menggunakan komponen lokal sebanyak 84%. Mobil ini menjalani penelitian dan dikembangkan di Indonesia. Meluncur perdana di Tanah Air, Honda BR-V sudah banyak peminatnya dari luar negeri.

"Ini mobil distudi untuk konsumen Indonesia, tapi ternyata ada 30 negara untuk diekspor. Asia, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Afrika. Kita akan mulai ekspor pertama di Februari," jelas Billy.

Honda menargetkan penjualan domestik BR-V mencapai 40 ribu unit per tahun. Sementara ekspor ditargetkan mencapai 10 ribu unit per tahun.

Interior & Eksterior All New Honda BR-VInterior & Eksterior All New Honda BR-V Foto: Dok. Honda

"Produksinya sekarang ini hanya di sini. Dan belum ada rencana untuk diproduksi di tempat lain, nggak tahu nanti," ucap Billy.

"Dia kan kayak European Style ya. Jadi orang (pasar ekspor) ekspor lihat (BR-V) mau, 30 negara langsung masuk," sambungnya.

(rgr/din)